Keren, SMAN 3 Bulukumba Wakili Sulsel di Ajang OPSI 2019

Siswa SMAN 3 Bulukumba Tampilkan Penelitian Ilmiah di Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia di Surakarta

SURAKARTA, EXPOSETIMUR.com –– Siswa SMA Negeri 3 Bulukumba perwakilan Sulawesi Selatan (Sulsel) bersaing di ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) ke-11 yang diselenggarakan di Hotel Sunan Solo, Jawa Tengah, 14-19 Oktober 2019.

Lomba OPSI tahun 2019 dikelompokkan 3 kategori bidang penelitian, yaitu: Matematika, Sains dan Teknologi (MST), Fisika, Terapan dan Rekayasa (FTR), serta Ilmu Sosial dan Humaniora (ISH).

Guru pendamping SMAN 3, Riswanto kepada media Exposetimur.com mengatakan bahwa kami sangat bersyukur bisa kembali mewakili Sulawesi Selatan di ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) Kementerian Pendidikan Republik Indonesia.

“Semoga mereka menjadi generasi peneliti yang bisa bertanggung jawab terhadap dirinya, menanamkan arti kerja keras untuk bekal hidup nya kedepan,” kata Riswanto, Kamis (17/10/2019).

Lebih lanjut Riswanto menambahkan, siswa kami akan menjadi tahu apa yang tidak mereka ketahui, bisa memecahkan masalah dalam hidupnya dan saling mengenal dengan kawan baru untuk membentuk generasi abad 21.

“Sebanyak 2 Tim SMA Negeri 3 Bulukumba yang lolos OPSI tingkat nasional yakni Dandi Saputra dan Andi Arun Hidayat Bidang Ilmu Sosial, Humaniora (ISH) serta Darul Multazam dan Astria Amanda Bidang Matematika, Sains dan Teknologi (MST),” katanya.

Ia menyampaikan bahwa penelitian ilmiah dalam Bidang ilmu sosial dan Humaniora (ISH) yaitu tema penelitian yakni usaha pelestarian budaya pinisi dan Bidang Matematika, Sains dan Teknologi (MST) yaitu tema penelitian penanganan pediculus humanus penyebab penyakit pediculosis dan anemia dengan menggunakan ekstrak biji buah sirsak.

“Semoga siswa SMA Negeri 3 Bulukumba meraih juara di tingkat nasional ajang OPSI dan membanggakan provinsi Sulawesi Selatan,” pungkasnya.

Diketahui, Dandi Saputra, pernah meraih juara 3 pada Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) di kota Bandung, Sabtu 5 Oktober 2019 lalu.

(Andi Alfian Salassa)

Baca Juga :   Mirip Debat Kandidat Pilkada, Calon Ketua OSIS MA Darul Qalam Saling Bedah Visi dan Misi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *