Desa  

Keren! Bumdes Mart Kini Hadir di Desa Balampesoang

Fhoto : Bumdes Mart Desa Balampesoang, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba

BULUKUMBA, EXPOSETIMUR.COM _ Program Bumdes adalah salah satu program yang dapat menjadi dasar pergerakan ekonomi Desa dalam mencapai sasaran kesejahteraan masyarakat. Olehnya itu, Pemerintah Desa dituntut untuk berinovasi dalam mencari alternatif potensi pengebangan usaha dalam menjalankan program Bumdes tersebut.

Dengan kebijakan program inilah, Pemerintah Desa mulai menghadirkan beberapa inovasi untuk menjalankan program Bumdes di Desa masing masing.

Salah satunya di Desa Balampesoang, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba. Pemerintah Desa merancang hadirnya Bumdes Mart yang mulai direncanakan di awal T.A 2019 melalui RKPDes dan merupakan salah satu hasil Bursa Inovasi Desa yang dilakukan di kabupaten dari Prograam inovasi Desa.

Bumdes Mart Balampesoang ini, selain menyediakan kebutuhan sembilan bahan pokok, juga  kebutuhan lainnya, sehingga tentu akan memeberikan kemudahan bagi warga dalam mendapatkan kebutuhan sehari hari untuk keperluan keluarga.

Mantan Kepala Desa Balampesoang yang baru beberapa hari selesai masa jabatanya saat di konfirmasi exposetimur, Senin (13/01/2020), mengatakan bahwa, dengan adanya progran Bumdes, tentu menjadi salah satu program yang sangat tepat untuk mewujudkan tingkat kesejahteraan warga Desa, baik dari segi penyerapan tenaga kerja maupun  peningkatan pendapatan Asli Desa, karena sistem perputaran ekonomi berfokus dalam wilayah Desa itu sendiri.

“Kita berharap dengan program Bumdes mat akan berdampak pada peningkatan perekonomian Desa, membuka lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan pelayanan umum dan tentunya membantu pengecer atau kios yang ada di Desa, karena Bumdes juga menjadi distributor bagi pengecer. Harga yang diberikan oleh Bumdes Mart Balampesoang ke pengecer sama dengan ketika mereka membeli di Pasar Rakyat Tanete” Jelas Ahdiar melalui pesan Whatspnya.

Ahdiar menambahkan, agar kiranya kehadiran Bumdes Mart ini dapat dikelolah dengan baik,  pasalnya dirinya bukan lagi Kepala Desa, namun tetap berharap semua yang telah di programkan saat dirinya masih menjabat, dapat dimanfaatkan dengan sebaik baiknya untuk kesejahteraan warga Desa Balampesoang.

Baca Juga :   Babinsa Pucang Sawit Pelopori Warganya Untuk Penghijauan

Kehadiran Bumdes Mart ini juga dinilai sangat strategis dalam pengembangan usaha jangka panjang, karna selain berada di jalur provinsi dan dekat dengan kabupaten Sinjai, juga sangat dekat dengan akses pendidikan ( TK,SD dan SMP).

(red)

Respon (3)

  1. Apa bisa diusulkan mengenai posyandu bangunan dan kenyaman warga misalnya kamar mandi,air,kipas angin dan honor untuk kader.Zaman sekarang mana mau kerja nggak diberi upah lelah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *