Jenderal Idham Aziz Lantik 8 Kapolda Baru dan Sejumlah Pejabat Tinggi Polri

  • Bagikan
Kapolri Jenderal Idham Azis saat melatik Pejabat Tinggi Polri di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Selasa (11/2/2020) | Fhoto: Hms Polri

JAKARTA, EXPOSETIMUR.com – Kepolisian Negara Republik Indonesia melaksanakan kegiatan serah terima jabatan pejabat tinggi polri, selajutnya mereka yang dilantik akan mengemban tugas lain pada instansi Kepolisian.

Pelanlantik delapan kapolda baru dan sejumlah pejabat tinggi Polri lainnya di Gedung Rupatama Mabes Polri tersebut dipimpin langsung Kapolri Jenderal Idham Aziz,   Selasa (11/2/2020).

Serah terima jabatan (sertijab) dilakukan sebagai bagian dari gerbong mutasi 665 perwira tinggi menengah dan perwira tinggi Polri yang tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/385/II/KEP./2020 yang diterbitkan Senin (3/2/2020).

“Demi Allah saya bersumpah akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Idham diikuti Perwira Tinggi (Pati) Polri yang dilantik.

Dalam pelantikan tersebut, Irjen Royke Lumowa ditugaskan sebagai Kapolda Sulawesi Utara (Sulut), yang sebelumnya menjabat Kapolda Maluku, Royke menggantikan Irjen Remigius Sigid Tri Hardjanto yang dimutasikan sebagai Kapolda Kalimantan Barat (Kalbar). Sementara itu Kapolda Kalbar sebelumnya, Irjen Did Haryono dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Itwasum Polri.

Untuk jabatan Kapolda Maluku sendiri diisi oleh Brigjen Baharudin Djafar yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Barat (Sulbar), dan sebagai penggantinya, Kapolri melantik Brigjen Eko Budi Sampurno sebagai Kapolda Sulbar.

Selain itu, Kapolri juga melatik Irjen Firman Shantyabudi sebagai Kapolda Jambi yang sebelumnya menjabat Pati SSDM Polri penugasan PPATK. Dia menggantikan Irjen Muchlis yang dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri.

Kemudian Kapolda Aceh Irjen Rio Septianda Djambak diangkat sebagai Kasespim Lemdiklat Polri. Kemudian  jabatan Kapolda Aceh digantikan oleh Brigjen Wahyu Widada yang sebelumnya menjabat Kapolda Gorontalo.

Baca Juga :   Sidang Kelulusan Ahir Penerimaan, Akpol, Bintara dan Tamtama Digelar Polda Sulbar

Untuk Kapolda Gorongtalo sendiri, akan dijabat Brigjen Adnas, dimana sebelumnya ia menjabat Wakapolda Sulawesi Selatan (Sulsel), dan Wakapolda Sulsel akan dijabat Brigjen Halim Pagarra.

Lalu, Wakapolda Kalimantan tengah (Kalteng) Brigjen Rikwanto akan menjabat Kapolda Maluku Utara, selajutnya Wakapolda Kalteng akan diisi Brigjen Indro Wiyono.

Mutasi juga terjadi pada posisi Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri. Kadiv Hubinter Irjen Maltha dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Posisinya akan digantikan oleh Brigjen Napoleon Bonaparte yang sebelumnya menjabat Ses NCB Interpol Indonesia Divhubinter. Kemudian, Kapuslitbang Polri akan diisi oleh Kombes Pol Guntur Setyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Sespuslitbang Polri.

Sementara itu di lingkungan Bareskrim Polri, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis juga merotasi jajarannya, di antaranya Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Pol Eko Daniyanto ditugaskan di Badan Narkotika Nasional (BNN). Posisi yang ditinggalkan Eko selanjutnya diisi oleh Kombes Krisno Halomoan Siregar yang sebelumnya menjabat Wakil Direktur Tipid Narkoba Bareskrim.

Penandatanganan yang di saksikan oleh pejabat tinggi polri lainnya menjadi bukti kuat bahwa mereka yang di pilih oleh kapolri akan mengemban tugas yang baru.

Kegiatan serah terima jabatan ditutup dengan pemberian selamat kepada pejabat tinggi Polri, yang telah selesai menandatangani surat yang di keluarkan oleh Institusi Polri. (Inews-HmsPolri)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: