Tradisi Pesta Air Taruna Akmil, Bersihkan Jiwa, Karakter dan Moral Calon Paja

tradisi korps taruna, pesta air bagi calon perwira remaja (Capaja) TNI AD tahun 2019 di Magelang, Rabu (3/7/2019)||handover

JAKARTA, exposetimur.com – Untuk menjadi seorang perwira remaja yang memiliki jiwa kejuangan, berkarakter dan mempunyai moral yang baik, serta bersih dan jernih bagaikan air, maka dilakukan tradisi pesta air sebagai cerminan dari filosofi air yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan.

Hal ini disampaikan Kapenhumas Akmil, Letkol Inf Zulnalendra Utama, mengutip pernyataan Gubernur Akmil, Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman pada acara tradisi korps taruna, pesta air bagi calon perwira remaja (Capaja) TNI AD tahun 2019 di Magelang, Rabu (3/7/2019).

Dalam sambutannya, Gubernur Akmil mengatakan, air mempunyai fungsi dan manfaat, serta karakteristik yang baik untuk digunakan, dan dicontoh bagi kelangsungan hidup manusia.

Selain sumber kehidupan, air juga sarana untuk membersihkan diri dari berbagai kotoran dan noda yang ada.

“Selain itu, di dunia militer, para ahli strategi mengungkapkan bahwa, strategi paling efektif di setiap pertempuran adalah strategi yang mencontoh sifat air, yakni cepat beradaptasi, menyesuaikan diri dengan bentuk-bentuk medan yang dihadapi,” ucapnya.

Saat ini, NKRI membutuhkan perwira-perwira TNI yang tidak hanya profesional, tetapi juga memiliki jiwa kejuangan, berkarakter dan mempunyai moral yang baik, serta bersih dan jernih bagaikan air.

‘’Saya berharap, para Capaja bisa menjadi perwira yang dapat melaksanakan tugas dengan baik, tidak menyimpang dari aturan hukum yang berlaku, serta senantiasa mengutamakan moral dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, sehingga dapat dijadikan barometer dan tolok ukur serta dapat menjadi contoh dan panutan bagi anak buahnya di satuan serta masyarakat di lingkungan tempat bertugas,’’ tandasnya.

Sementara itu, Kapenhumas Akmil mengatakan, acara tradisi Pesta Air yang berlangsung pada Selasa (2/7/2019) tersebut, dilaksanakan di Kolam Renang Pisangan, Magelang, mulai pukul 14.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Baca Juga :   Polsek Bulukumpa Pantau Aktivitas Masyarakat di Pasar Takjil Jelang Buka Puasa

“’Pada tradisi tersebut, para taruna/taruni junior diberikan kesempatan untuk berbasah ria dengan para taruna/taruni seniornya. Pesta air merupakan simbol melebur segala salah dan khilaf di antara mereka,’’ terangnya.

‘’Tradisi ini, secara rutin diadakan setiap tahun untuk menghantarkan para taruna tingkat IV (Sermatutar) yang sebentar lagi akan memasuki masa pengabdian yang sebenarnya, sebagai calon perwira remaja TNI AD,’’ pungkasnya.

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya, pejabat Akmil, Pengurus Persit KCK Cabang BS Akmil, tamu undangan, serta masyarakat yang berada di sekitar tempat kegiatan.

[#Dispenad/red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *