Pilketos SMK Negeri 5 Bulukumba Terapkan Sistem E-Voting di Aplikasi Panrita OSIS

Foto Pemungutan suara, fose bersama pasca pemilihan dan fhoto ketua terpilih bersama guru

BULUKUMBA, EXPOSETIMUR.com _ Memasuki era digital dan perkembangan tekhnologi saat ini turut dimanfaatkan oleh SMK Negeri 5 Bulukumba pada pelaksanaan Pemilihan Ketua Organisasi Intra Sekolah (OSIS) dengan sistem Pemilihan secara elektronik atau e-voting dengan menggunakan aplikasi panrita OSIS.

Pilketos yang digelar pada hari Kamis, 19 September 2019 kemarin, telah melalui berbagai tahapan, mulai dari pendaftaran calon Ketua OSIS, penetapan nomor urut, pemaparan visi misi, debat kandidat, kampanye lewat media sosial, hingga pemilihan berbasis e-voting.

Berbeda dengan pemilihan tahun yang hanya di ikuti oleh perwakilan kelas, pemilihan Ketua OSIS Periode 2019/2020 kali ini diikuti seluruh Siswa.

Pemilihan Ketua OSIS ini di laksanakan di Aula SMK Negeri 5 Bulukumba mulai Pukul 09.30 dan berakhir Pukul 10.30. Yang sejatinya pemungutan suara ditutup sampai pukul 12.00

Mulai pukul 09.30 Siswa mengantri di depan Aula menanti namanya di panggil untuk masuk ke dalam bilik suara. Pemilihan pilketos ini berjalan dengan singkat dan lancar. Tanpa mengganggu PBM karena Siswa digilir perkelas menuju TPS.

Kepala UPT SMK Negeri 5 Bulukumba Muh. Ramli, S.Pd., M.Pd melalaui rilisnya kepada team work exposetimur mengatakan bahwa, penerapan e-voting bertujuan melatih siswa berdemokrasi.

“Penerapan e-voting juga melatih siswa memilih secara luber jurdil (langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil) sesuai pilihan masing-masing. Penerapan e-voting ini selain praktis juga menghemat waktu dan dipastikan tidak ada kecurangan. Perhitungan suara akan menjadi lebih cepat dan akurat, karena pada saat pemungutan suara selesai, dilakukan proses penutupan, dan hasil rekapitulasi suara dapat diketahui secara real time dalam bentuk angka dan grafis, jumlah suara masuk, dan peserta yang sudah memilih dan belum memilih juga diketahui secara langsung “beber dia.
Rifqi Adrian, adalah Ketua KPU Pilketos menyampaikan ” tekhnis pemilihannya, pihaknya menyediakan 5 bilik suara yang didalam bilik sudah tersedia masing-masing 1 Hp android. Siswa cukup membuka Aplikasi Panrita Osis lalu menginput user name dan password masing-masing. Selanjutnya akan muncul foto kandidat ketua OSIS yang dipilih. Siswa yang menggunakan hak pilihnya sekitar 187 Siswa dari jumlah DPT 219 akan tetapi yang berhasil vote sampai ditahap akhir hanya 181. “jelasnya, Jumat (20/09/2019)

Baca Juga :   Sekolah Terintegrasi Berpola Asrama dan Demonstrasi Telemedicine Resmi Diluncurkan di Jayapura

Dipilketos ini ada tiga Kandidat Ketua OSIS yang bersaing keras yakni Mukhtar Sufi. J (XI APHP), Ayu Surya Bintang (XI TKJ) dan Jusnelly Susti (XI Tata Busana).

Akhirnya Jusnelly Susti berhasil memenangkan Pemilihan Ketua OSIS Periode 2019/2020 dengan total 71 suara, urutan kedua Mukhtar Sufi. J memperoleh suara 64 suara sedangkan urutan ketiga Ayu Surya Bintang memperoleh 46 suara.

[ril_Wahyuningsih_ET04]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *