Kuliah Umum di FTI UMI, Business Intellegence Kunci Sukses Perusahaan Era 4.0

Winda Nur Cahyo,ST.,M.T, Ph.D Ketua Program Studi Teknik Industri Program Magister Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta Membawakan Kuliah Umum di FTI UMI Makassar, Kamis (24/10/2019)

MAKASSAR, EXPOSETIMUR.com _ Kegiatan Kuliah Umum di Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia (UMI), dilaksanakan di Aula FTI-UMI Makassar pada Kamis(24/10/2019)

Kuliah umum ini dibawakan oleh Winda Nur Cahyo,ST.,M.T, Ph.D Ketua Program Studi Teknik Industri Program Magister Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta yang membahas Business Intellegence Kunci Sukses Perusahaan Era 4.0, yang dihadiri sekitar 70an Mahasiswa.

Business Intellegence merupakan kunci sukses bagi perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya di era industri 4.0, sebab melalui big data Business Intellegence, dapat diketahui produk apa saja yang sedang laris dan tidak laku.

“mengatakan Industri 4.0 basisnya data. Namun banyak perusahaan Indonesia belum terlalu aware terhadap pentingnya data. “Data masih tersebar di mana mana dan tidak dikumpulkan. Data penjualan masih ditulis pada kertas,” kata Winda, Ketua Program Studi Teknik Industri Program Magister Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta ini.

Padahal data base, kata Winda, sangat menentukan arah kemajuan perusahaan ke depan. Data tersebut dapat memberikan informasi tentang produk apa yang paling bagus, penjualan produk apa yang naik dan sebagainya.

“Kalau mereka tahu produk apa saja yang naik, perusahaan akan memperkuat produk-produk tersebut. Kalau ada produk yang lemah, mereka bisa memperbaiki kualitas sehingga bisa naik kembali,” kata Pakar Manajemen Aset tersebut.

Menurut Winda, perusahaan internasional sudah menggunakan data business intellegence. “Melalui data, mereka bisa mendapatkan informasi yang sangat penting. Kalau kita tidak menggunakan data kita akan terus kalah,” ujarnya.

Mengutip hasil riset Gartner, di tahun 2025 nanti, 80 persen perusahaan tak akan lagi menggunakan data center sendiri. Mereka akan menggunakan Business Intelligence. “Penggunaan Business Intelligence memberikan keuntungan diantaranya dapat meningkatkan profit, menurunkan biaya, peningkatan pemasaran, mempermudah pengambilan keputusan,” kata Winda

Baca Juga :   Siswa SMKN 1 Sorong Papua Praktek Pemetaan di Samata Gowa

Kegiatan ini juga bertujuan membuka wawasan keilmuan yang aplikatif bagi mahasiswa juga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan praktis secara komprehensif yang berimbang tentang Business Intelligence Akselerasi Transformasi Proses Bisnis dan sekaligus sebagai soft launching konsentrasi baru di Program S2 Prodi Teknik Industri FTI UII, yaitu  Intelligent Manufacturing System dan Intelligent Business and Management.

(Ahmad Fadil_Pardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *