Dari Belajar Diluar Kelas Hingga Suksesnya Kegiatan ICON 2019 di YPI Al-Qalam

  • Bagikan
Rangkaian ahir kegiatan ICON 2019 di Yayasan Perguruan Islam Al- Qalam, Asipetungge Desa Kambuno, Senin kemarin (10/11/2019)

BULUKUMBA, EXPOSETIMUR.COM _ Kurun waktu 07 sampai 10 November, dua lembaga pendidikan (SMP Islam Al-Qalam & MA Darul Qalam di bawah naungan Yayasan Perguruan Islam Al-Qalam, Dusun Assipettungge, Desa Kambuno, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, suskes melaksanakan kegiatan untuk menanamkan kecintaan terhadap prinsip belajar berbasis karakter ramah anak, kearifan lokal, semangat nasionalisme, jiwa komunikatif, dan inovatif.

Hal ini terbukti karena suksesnya kegiatan belajar sehari di luar kelas oleh siswa SMP Islam Al-Qalam, selain itu juga digelar Pelaksanaan ICON 2019 yaitu, lomba pramuka tingkat penggalang yang di gagas oleh pengurus ambalan Ibrahim Habibah pangkalan MA Darul Qalam priode 2018/2019, serta pelaksanaan Upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November 2019.

Pelaksanaan Proses belajar sehari di luar kelas yang diikuti oleh siswa-siswa SMP Islam Al-Qalam dimulai pukul 07.00 s.d 10.00 wita pada hari kamis, 07 November 2019 ini, diisi dengan berbagai kegiatan, seperti penyambutan siswa melalui kegiatan 3S (Senyum, salam, sapa), Literasi, senam Germas, hingga permainan tradisional.

“Ini menarik dan dan sangat menyenangkan, semoga kegiatan seperti ini terjadwal minimal 1 kali dalam satu bulan” ungkap rezky salah satu siswa kelas 7 SMP Islam Al-Qalam.

Sementara itu, pelaksanaan ICON 2019 yang di buka pada tanggal 10 November oleh kepala MA. Darul Qalam Abdullah, S.Pd yang sambutannya mengatakan bahwa Icon 2019 harus menjadi ajang silaturahmi dan sebagai awal yang baik menanamkan nilai nilai Pancasila.

“semoga pelaksanan ICON 2019 ini menjadi ajang silaturahmi dan langkah awal untuk menanamkan nilai nilai Pancasila dalam kehidupan sehari har bagi kita semua” Ujarnya.

Rangkaian kegiatan di Yayasan Islam Al-Qalam, Dari belajar diluar ruangan hingga kegiataN ICON 2019.

Sementara itu ketua Sangga Kerja ICON 2019, Firman menjelaskan bahwa pada kegiatan ini,  mereka mengambil tema “Inovatif, Komunikatif, dan nasionalisme”. Adapun jenis lomba pada kegiatan ini antara lain: LKBB Pa/Pi, Pionering Kreasi, Parade Smaphore, MSQ, Tadarrus, Vocal Grup, dan Teatrikal Puisi Perjuangan.

Baca Juga :   Peringati Hari Anak Internasional, Ini Yang Dilakukan SMPN 33 Sinjai

“Lomba yang di mulai dari tanggal 9 s.d 10 November 2019 ini,  kami kemas dalam rangka mengisi hari pahlawan Nasional Tahun 2019” kata Firman Senin.

Sebagai Juara umum pada pelaksanaan ICON 2019 adalah Pangakalan SMP 39 Bulukumba.

Sementara pelaksanaan upacara Hari Pahlawan Nasional 10 November 2019 oleh siswa-siswa SMP Islam Al- Qalam berlangsung hikmat, bertindak selaku pembina upacara Kepala SMP Islam Al- Qalam, Ibrahim, S.Pd, yang dalam amanahnya berpesan “jadi peserta didik yang dapat menghargai jasa para pahlawan di lingkungan manapun kita berada, jadilah pahlawan pahlawan masa kini sesuai dengan bakat,minat, dan kemampuan kita masing masing karena pahlawan kekinian adalah bagaiman mampuh berprestasi” Tutupnya.

(red-rusdi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *