Dengan Komitmen Meraih Penghargaan APE, Pemkot Kendari Gelar Rapat Pelaksanaan Verifikasi Lapangan

Rapat evaluasi pelaksanaan verifikasi lapangan menuju penghargaan APE

Kendari, Exposetimur.com _ Sehubungan dengan surat Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan RI, No. B-47/D.KG/KG.05/03/2021, tentang Jadwal Verifikasi Lapangan dalam rangka Pemberian Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020, Pemerintah Kota Kendari berkomitmen meraih Penghargaan APE dengan mengadakan Rapat Pelaksanaan Verifikasi Lapangan dalam rangka Pemberian Penghargaan APE tahun 2020, Senin (5/4).

Kegiatan yang bertujuan untuk melihat lebih dalam data dan informasi pengakuan gender berdasarkan pengisian formulir evaluasi, turut diikuti oleh Sekertaris Daerah Kota Kendari, Hj. Nahwa Umar, SE., MM., bersama Ketua TP-PKK Kota Kendari Hj. Sri Lestari Sulkarnain S.Pd, M.Si di Media Center Rujab Walikota Kendari. Melalui kegiatan tersebut pula, nantinya tim dapat memperoleh data yg lebih lengkap, komprehensif, dan objektif sebagai bahan penyusunan Indeks Persamaan Gender sebagai dasar pertimbangan dalam menominasikan calon penerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE).

APE sendiri merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak. Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

Rapat evaluasi pelaksanaan verifikasi lapangan menuju penghargaan APE

Sekda Kota Kendari dalam sambutannya menyampaikan bahwa PUG merupakan strategi pembangunan untuk mencapai keadilan dan kesetaraan melalui kebijakan program dan kegiatan yang memperhatikan pengalaman aspirasi kebutuhan serta permasalahan gender dalam proses pemantauan dan evaluasi dari seluruh aspek kehidupan dan pembangunan.

“Bagi Pemerintah Kota Kendari, Pelaksanaan Verifikasi Lapangan dalam rangka Penilaian Penghargaan APE, pada hari ini menjadi sangat penting karena sangat sejalan dengan pencapaian visi dan misi pembangunan Kota Kendari yaitu mewujudkan Kota Kendari sebagai kota layak huni yang berbasis ekologi, informasi dan teknologi. Perwujudan visi dan misi ini salah satunya adalah dengan adanya kesetaraan bagi semua kaum untuk memperoleh kesempatan dah haknya sebagai manusia dalam seluruh aspek kehidupan di Kota Kendari.” Tuturnya. (Red/hms)

Baca Juga :   Kepala Desa Tapong Lantik Pengurus BUMDES "Sipakainge"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *