Maksimalkan RPJMD, Pemkab Konawe Selatan Lakukan Konsultasi Publik Tahap I Penyusunan KLHS

Pemda Konawe Selatan melaksanakan konsultasi publik tahap I penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) di Aula Rapat Kantor Bappeda, Rabu (5/5/2021).

Konsel, Exposetimur.com _ Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) melaksanakan konsultasi publik tahap I penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) di Aula Rapat Kantor Bappeda, Rabu (5/5/2021).

Kegiatan konsul publik tahap pertama ini digelar sebagai bentuk komitmen bersama sekaligus bahan rekomendasi atas perumusan mitigasi atau alternatif KLHS yang nantinya di integrasikan dalam rancangan awal RPJMD Konsel untuk lima tahun kedepan (2021 – 2026) yang terintegrasi dengan RPJM Nasional.

Rancangan RPJMD itu sendiri merupakan penjabaran visi misi dan program kerja Bupati H Surunuddin Dangga ST MM dan Wakil Bupati Rasyid S.Sos M.Si yang disebutkan saat kampanye politiknya, yang penyusunannya berpedoman pada RPJPD.

Rapat tersebut dibuka Wakil Bupati Konsel Rasyid didampingi Sekkab Ir H Sjarif Sajang dan Kepala Bappeda Ichsan Porosi, serta di hadiri pimpinan OPD lingkup Pemda Konsel.

Dalam sambutannya Wabup Rasyid mengatakan, kegiatan hari ini wajib dilaksanakan karena sesuai perintah undang undang No 32 Tahun 2009 , bahwa dalam setiap penyusunan RPJMD perlu ada perlindungan dan pengelolaan kajian lingkungan hidup strategis.” Yang sesuai dengan prinsip berkelanjutan dan menjadi pertimbangan dalam perumusan kebijakan RPJMD,” ujarnya.

Terintegrasinya KLHS dalam dokumen RPJMD mutlak dilakukan, kata Rasyid, karena untuk meminimalisir dampak negatif dalam pelaksanaan pembangunan.

“Dapat dikatakan KLHS merupakan pendekatan strategis jangka panjang dalam pengelolaan lingkungan hidup menuju pembangunan berkelanjutan, salah satunya penanganan pandemi covid-19 termasuk percepatan proses pemulihan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat,”tukasnya.

Pemda Konawe Selatan melaksanakan konsultasi publik tahap I penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) di Aula Rapat Kantor Bappeda, Rabu (05/05/2021)

Untuk itu kata ia, melalui forum konsultasi ini Pemda Konsel berharap masukan, saran positif dan konstruktif sehingga dapat disepakati komitmen bersama sekaligus rekomendasi untuk di integrasikan dalam penyusunan rancangan RPJMD.

Baca Juga :   Pimpin Apel Perdana, Bupati Kaimana Tegaskan Kerja Pola Lama Tidak Boleh Ada Dalam Masa Pemerintahannya

“Dengan saran dan masukan positif, ini juga sebagai upaya dalam menjamin daya dukung dan daya tampung lingkungan,”sebut Rasyid.

Pada kesempatan itu juga, mantan Anggota DPRD Provinsi ini mengajak masyarakat tetap mematuhi disiplin protokol kesehatan dengan melaksanakan himbauan pemerintah seperti menerapkan 5 M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas).

“Tetap patuhi prokes covid-19. Dengan kesadaran dan kepedulian bersama, derajat kesehatan masyarakat Konsel bisa lebih meningkat,”pungkasnya.

Sementara ditempat yang sama, Kepala Bappeda Ichsan Porosi mengatakan kegiatan bertujuan sebagai sarana menempatkan paradigma pembangunan berkelanjutan untuk menempatkan setiap kegiatan dalam kondisi proporsional terhadap asfek sosial, eonomi dan lingkungan hidup.”Dengan memastikan KLHS pada asfek pembangunan berkelanjutan terintegrasi dalam kebijakan, rencana dan program dalam RPJMD, selanjutnya dilakukan percepatan melalui upaya pembangunan prioritas,” tandasnya. (hm/kom/ak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *