Budaya  

Battasa Jera’, Tradisi Turun Temurun Masyarakat Kajang

Salah satu kegiatan "Tradisi Battasa Jera' atau membersihkan kuburan di Kajang

Bulukumba, Exposetimur.com _ Battasa Jera’ atau membersihkan kuburan adalah salah satu tradisi turun temurun masyarakat kajang. Battasa jera di lakukan setiap ramadhan 1 minggu sebelum lebaran Idul Fitri.

“Battasa Jera’ atau membersihkan kuburan merupakan prosesi yang wajib di lakukan setiap tahun” ujar Asni, salah satu warga kajang kepada media ini, Kamis (06/05/21)

Menurutnya, kegiatan seperti ini sudah di lakukan sejak ratusan tahun silam, sejak amma toa mulai hadir di muka bumi ini.

Ditambahkan Asni bahwa, tujuan di laksanakanya kegiatan Battasa Jera’ ini,  guna untuk mngirimkan doa kepada arwah nenek moyang ataupun keluarga yang telah meninggal dunia.

“Seluruh masyarakat suku amma toa wajib melakukan ritual tersbut, bukan hanya mereka yang bertempat tinggal di dalam kawasan kajang tetapi juga yang tinggal di luar kawasan kajang.
“battasa jera ini wajib di lakukan setiap tahun, karena sudah menjadi tradisi turun temurun dari nenek moyang”

“Apabila kita mengikuti ritual Battasa Jera’ itu menjadi salah satu bukti bahwa kita masih peduli kepada keluarga yang lebih dulu di panggil allah” tutup Asni.

(lap: Event S)

Baca Juga :   Lomba Tari Topi Le'leng dan Rupama Simbolisasi Kekayaan Budaya Kajang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *