Ekbis  

Dinas Koperasi dan UMKM Kolaka Fokus Pada Pemulihan Ekonomi Daerah

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Drs. Nyoman Suastika, M.Si

Kolaka, Exposetimur.com _ Kondisi Pandemi yang menlanda dunia dua tahun terakhir ini, sangat berpengaruh pada pelaku usaha secara umum terutama pelaku usaha Mikro.

Terkait hal tersebut, Dinas Koperasi dan UMKM memiliki peran penting dalam upaya pemulihan ekonomi secara nasional yang dimulai dari pemulihan ekonomi daerah,  terutama bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah. Hal itu juga yang dilakukan oleh Dinas Koperasi Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Ditemui diruang kerjanya, Jumat 11 Juli 2021, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kolaka, Drs. Nyoman Suastika, M.Si menuturkan bahwa, selama kurung waktu 2020 sampai Juli 2021, sebanyak 7994 pelaku usaha mikro kecil dan menengah telah mendapatkan bantuan tunai dan 167 bantuan peralatan. Rincian bantuan tersebut adalah, pada tahun 2020, sebanyak 5802 bantuan tunai terealisasi dan per Juli 2021 sebanyak 2192 bantuan tunai kembali diberikan.

Sementara untuk realisasi bantuan peralatan yakni, untuk program bantuan daerah sebanyak 98 UKM dan bantuan provinsi sebanyak 59 UKM.

“Saat ini, kami fokus pada tujuan pemulihan ekonomi daerah yang tentunya akan menjadi bagaian tak terpisahkan dari tujuan  lpemulihan ekonomi secara nasional. Oleh karena itu kami terus melakukan evaluasi terhadap pelaku usaha yang sudah mendapat bantuan di wilayah Kabupaten Kolaka, baik bantuan tunai maupun bantuan peralatan. Semua proposal permohonan yang masuk, kami evaluasi dan setelah bantuan terealisasi, tim kami kembali melakukan evaluasi tingkat perkembangan dari usaha masing masing pelaku usaha tersebut” Terangnya.

Sebelumnya juga telah diberikan bantuan kepada 34 pelaku usaha pemula dengan nilai 10 – 12 juta.

Diharapkan bantuan ini dapat memberikan dampak yang baik bagi pemulihan ekonomi terkhusus di Kabupaten Kolaka ditengah kondisi pandemi. (Rils/Arifin Kube)

Baca Juga :   UU Cipta Kerja Dan Peluang Usaha Masyarakat Desa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *