Art, Budaya  

Memeriahkan HUT Ke-3, Komunitas Adat Manggarai-Makassar (KAM-M) Gelar Tarian Caci

Memeriahkan HUT Ke-3, Komunitas Adat Manggarai-Makassar (KAM-M) Gelar Tarian Caci
Memeriahkan HUT Ke-3, Komunitas Adat Manggarai-Makassar (KAM-M) Gelar Tarian Caci di Tanjung Bayam Makassar, Sabtu (24/07/2021)

Makassar, exposetimur.com – Dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun ( HUT) ke-3 2021, Komunitas Adat Manggarai-Makassar (KAM-M) menggelar pentas budaya tarian caci sebagai tarian tradisional Masyarakat Manggarai Raya.

Pentas budaya tarian Caci yang diikuti oleh para pemuda dan orang tua Manggarai di Kota Makassar, kegiatan pentas budaya tarian caci tersebut selama dua hari di vila Tanjung Bayam Makassar, Sabtu-Minggu (24-25/07/2021).

Adapun sebelum dilakukan pegelaran tarian caci itu, dilakukan dialog bersama dengan setiap peserta wajib mengenakan pakian adat Manggarai . Hadir dalam acara ini orang tua dari cibal sebagai meka landang .

Alvin omon,selaku ketua umum Komunitas Adat Manggarai-Makassar (KAM-M) mengatakan, pentas budaya tarian caci itu digelar selain menyambut HUT ke-3 KAM-M, juga sebagai bentuk untuk mewariskan budaya khususnya tarian caci kepada generasi muda.

“untuk mewariskan pertunjukan, peragaan dan nilai Sportifitas kepada generasi muda sebab tema HUT kita adalah ‘majak mata woko lonto cama ,manik lelo woko lonto leok ,”ungkap Alvin omon.

Alvin omon, dalam sambutannya juga mengatakan, HUT KAM-M ke-3 ini mengandung 3 makna yakni Retrospektif dimana menengok masa lalu sebagai sebuah mata rantai sejarah sekaligus pondasi referensi dalam menapaki masa kini dan kedepan.

Kedua, introspektif dimana, jadi sebagai introspektif diri dengan demikian perjalanan wadah ini Mampu memberikan jawaban atas persoalan kekinian serta responsif ke depan.

Ketiga, Prospektif, dimana kita berupaya merancang sebuah formula masa depan berdasarkan landasan realita dan dinamika kekininan tanpa melupakan peristiwa atau sejarah masa lalu.

Baca Juga :   Wow! Begini Kreasi Siswi SMU 14 Salassae Melalui Kelompok Seni Tari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *