Bupati Majene Resmikan Kegiatan BPM Reguler Program Kotaku TA.2021

Peresmian dan Serah Terima Kegiatan Infrastruktur BPM Reguler Program Kotaku TA.2021 ditandai penandatanganan prasasti oleh Bupati Majene H. Andi muh Syukri SE, MM
Peresmian dan Serah Terima Kegiatan Infrastruktur BPM Reguler Program Kotaku TA.2021 ditandai penandatanganan prasasti oleh Bupati Majene H. Andi muh Syukri SE, MM, Senin (11/10/2021)

Majene, exposetimur.com – Bupati Majene (H. Andi muh Syukri SE, MM) meresmikan kegiatan BPM Regular program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Tahun Anggaran 2021, di Lingkungan Copala, Kelurahan Banggae, Kecamatan Banggae, kabupaten Majene, Senin (11/10/21)

Sesuai SK Bupati Majene Tahun 2020, Program Kotaku menyasar semua Kelurahan yang berada di Kabupaten Majene. Hasilnya, sebanyak 6 Kelurahan yang berada di Kabupaten majene tahun anggaran 2021 mendapat perhatian khusus dengan alokasi dana BPM (Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat) dari pemerintah pusat sebesar Rp. 3.2 M.

Hadir dalam peresmian tersebut, Perwakilan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Sulawesi Barat/Kepala Seksi Pelaksanaan Wilayah 1 (Abd Rahman Y, ST), Kepala OPD, Camat Banggae (Doktor Hj. Afiqah), seluruh Lurah Kecamatan Banggae, Ketua dan anggota Forum PKP Kab. Majene dan Tokoh masyarakat.

Peresmian dan Serah Terima Kegiatan Infrastruktur BPM Reguler Program Kotaku TA.2021, Kabupaten Majene
Peresmian dan Serah Terima Kegiatan Infrastruktur BPM Reguler Program Kotaku TA.2021, Kabupaten Majene, Senin (11/10/2021)

Dalam laporan kordinator BKM yang di wakili oleh kordinator BKM Assamaturuang Kelurahan Banggae mengatakan bahwa, kegiatan program kotaku tahun anggaran 2021 dilaksanakan kurang lebih 120 hari dengan pagu anggaran 1M per Kelurahan,  meliputi Kelurahan Banggae dan Kelurahan Rangas, ditambah 10 juta per Kelurahan untuk pelatihan masyarakat dalam mengelola pemukiman.

” Pembangunan ini meliputi pembangunan jalan lingkungan, pembangunan jalan beton, pembangunan drainase, sumur bor dan MCK, dan kegiatan ini dilaksanakan secara swakelola oleh BKM-KSM Kelurahan Banggae dan Rangas dengan menggunakan tenaga lokal” Ucap Syamsuddin S. IP

Sementara dalam sambutannya,  Camat Banggae menambahkan bahwa, tujuan program kotaku adalah meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di pemukiman kumuh perkotaan, dan mencegah timbulnya pemukiman kumuh baru dalam rangka mendukung terwujudnya pemukiman perkotaan yang layak huni, produktif dan berkelanjutan.

“Pada tahun 2021 ini, lokasi program kotaku yang mendapatkan alokasi dana BPM
*Lokasi BPM CFW
1.Kelurahan Baru
2.Kelurahan Pangali Ali
3.Kelurahan Totoli
4.Kelurahan Galung
Masing-masing Kelurahan mendapatkan Alokasi anggaran Rp 300 juta
*Lokasi BPM Reguler
1.Kelurahan Rangas
2.Kelurahan Banggae
Masing-masing kelurahan mendapatkan anggaran sebesar 1.M”  Ungkap Doktor Hj. Afiqah

Baca Juga :   Jalan Berlumpur, Beredar Pra Spanduk Pemuda Gareccing Bidik Aksi Demonstrasi

Ditempat yang sama, Kepala Balai PPW Sulawesi Barat diwakili langsung Kepala Seksi Pelaksanaan Wilayah 1 mengatakan,  Kegiatan Program Kotaku TA. 2021 harus dilaksanakan secara cepat dan tepat sasaran

Penyambutan Bupati Majene pada Peresmian dan Serah Terima Kegiatan Infrastruktur BPM Reguler Program Kotaku TA.2021
Penyambutan Bupati Majene pada Peresmian dan Serah Terima Kegiatan Infrastruktur BPM Reguler Program Kotaku TA.2021, Senin (11/10/2021)

Dikatakannya, Pada pelaksanaan program Kotaku berdasarkan data SIM, program Kotaku telah memperkerjakan tenaga kerja lokal sebanyak 1.153 orang dengan nilai HOK sebanyak Rp 1.553.640.000 atau sekitar 48,5 % dari total pagu BPM.

“Dengan selesainya kegiatan pemanfaatan dana BPM Kotaku tahun 2021, tantangan kita adalah bagaimana memanfaatkan dan merawat hasil pembangunan ini, sehingga usia pakai bisa memiliki minimal 5 tahun, dan kepada BKM, KPP yang telah dibentuk saya harap kiranya dapat melakukan pemeliharaan secara bersama dengan semua penerima manfaat dan berkelanjutan” Ucap Abd Rahman Y ST.

Senada dengan Camat, dalam sambutannya, Bupati Majene sekaligus menandatangani batu prasasti Program Kota Tampa Kumuh (Kotaku) mengatakan, salah satu tujuan program ini meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar pemukiman kumuh perkotaan dan mencegah timbulnya kumuh baru

“Saya mengucapkan terimah kasih kepada Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sulawesi Barat beserta jajarannya yang selalu berkordinasi dengan baik, dan semoga kerja sama ini dapat berkelanjutan agar dapat mempercepat penanganan pemukiman kumuh yang ada di Kabupaten Majene” Ucap Bupati Mengahiri sambutannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *