Innalillah! Sijago Merah Hanguskan Rumah Warga Munte Barat

Kepala Desa Sapebonto Andi Bangkailong saat mengujungi lokasi saat kejadian kebakaran rumah warganya, Senin (21/10/2019)

BULUKUMBA, EXPOSETIMUR.com _ Sijago merah kembali melalap rumah seorang warga, kali ini terjadi di Dusun Munte Barat, Desa Sapobonto, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, Senin (21/10/2019).

Atas kejadian ini, sontak warga berlarian ke TKP, namun tidak bisa berbuat banyak untuk madamkan api yang begitu cepat menybar seluruh badan rumah yang terbuat dari kayu tersebut.  Pemadam kebakaran yang tiba dilokasi tidak bisa berbuat banyak karena selain jarak dari ibu kota kecamatan bululumpa terbilang agak jauh, juga rumah panggung tersebut sangat mudah terbakar, sehingga hanya bisa memadamkan sisa sisa api untuk menncegah meluas ketempat lain.

Pemadam kebakaran berusaha memadamkan sisa sisa api

Korba bernama Hamsang binti Malanye, harus ihlas rumah beserta isinya rata dengan tanah. Kebakaran ini terjadi siang tadi hari, sekitar pukul 11.00 WITA saat korban tidak berada di rumahnya. Diperkirakan sumber api berasal dari sisa api setelah korban memasak dengan menggunakan kayu di dapur rumahnya.

Berdasarkan keterangan saksi yakni Kadir dan Muhammad Adil, bahwa titik api berasal dari bagian belakang rumah yang langsung membesar dikarenakan cuaca panas desertai angin dengan material rumah tersebut terbuat dari kayu sehingga api cepat membesar.

“Api dari dapur dan langsung menyebar ke seluruh badan rumah, apalagi kemarau dan angin kencang, manya sulit di padamkan” kata Kadir yang ikut diamini Adil.

Kepala Desa Sapobonto, Andi Bangkailong langsung menuju lokasi untuk melihat kondisi warganya sekaligus meminta aparatnya untuk melakukan pendataan atas kerugian yang dialami korban, agar bisa di diajukan ke istansi terkait.

Sementra Polsek Bulukumpa juga bergerak untuk memastikan penyebab kebakaran dengan mengumpulkan data dan keterangan saksi.

Tidak ada korban jiwa pada peristiwa ini namun diperkirakan kerugian dalam mencapai Rp. 100.000.000, dengan data, menghabiskan seluruh isi rumah, 1 unit mesin traktor, dan 1 unit mesin perontok padi.

Baca Juga :   Satu Unit Rumah dan Uang Puluhan Juta Ludes di Lalap Sijago Merah

[Candra]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *