BNNP Gelar Bimtek Layanan Rehabilitasi Anak dan Intervensi Psikososial

  • Bagikan
Bimtek Lanjutan tahapan persiapan Layanan Rehabilitasi Anak dan Intervensi Psikososial di Lembaga Rehabilitasi Instansi Pemerintah Binaan RSUD. Sayang Rakyat Provinsi Sulsel, bertempat di Aula Diklat RSUD. Sayang Rakyat jln. Pahlawan, Bulurokeng, Makassar, Kamis (13/02/2020)

MAKASSAR,EXPOSETIMUR.com – Lanjutan tahapan persiapan Layanan Rehabilitasi Anak dan Intervensi Psikososial di Lembaga Rehabilitasi Instansi Pemerintah Binaan RSUD. Sayang Rakyat Provinsi Sulsel, bertempat di Aula Diklat RSUD. Sayang Rakyat jln. Pahlawan, Bulurokeng, Makassar.

Kegiatan dilaksanakan oleh BNNP Sulsel melalui Seksi PLR Bidang Rehabilitasi BNNP Sulsel (13/02/20). Kegiatan dibuka secara resmi oleh Direktur RSUD Sayang Rakyat, dr. Siti Haeriyah B, Sp.S. kegiatan yang melibatkan peserta dari beberapa orang petugas RSUD. Sayang Rakyat. Dokter, Psikolog, Perawat, Konselor, dan seluruh petugas layanan Napza RSUD Sayang Rakyat (Mayang Asa).

Bambang Wahyuddin selaku Kepala Seksi Penguatan Lembaga Rehabilitasi menjelaskan bahwa, kegiatan bimbingan teknis terdiri dari pembekalan tentang Teknik Motivational Interviewing (MI) dalam proses intervensi bagi pecandu, korban dan penyalahguna narkotik, Penerapan Cognitive Behavior Therapy (CBT) melalui penggunaan formulir pro and cons, analisis Fungsional dan analisis Trigger; dan Tatalaksana Layanan Rehabilitasi bagi penyalahguna narkotika Usia Anak. Sehingga Peserta mendapatkan gambaran mengenai penggunaan teknik MI dan CBT dalam proses layanan Rehabilitasi; Peserta memahami mengenai tatalaksana layanan rehabilitasi pada Anak ( usia < 18 tahun);
Peserta mendapat gambaran mengenai formulir dalam layanan rehabilitasi narkoba usia anak; dan Peserta memahami dan mampu melakukan pengisian formulir Screening Cross Cutting, SUBCA, DAST-A, dan Form Asesment T-ASI;

Peserta berharap agar tim Bidang Rehabilitasi dapat memberikan Bimtek lanjutan, untuk menguatkan kompetensi petugas dalam menjalankan layanan rehabilitasi napza di RSUD Sayang Rakyat. (hmsBNNPSulel)

Baca Juga :   Gabungan Tripika di Topoyo Gelar Operasi Yustisi dan Pembagian Masker
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: