Teliti Batubara, Dosen Teknik Kimia FTI UMI Buat Pestisida

  • Bagikan
Dosen FTI Universitas Muslim Indonesia saat meniliti dan membut pestisida dari bahan batubara

MAKASSAR, Exposetimur.com – Dosen teknik kimia FTI UMI bersama sejumlah mahasiswa melakukan sebuah inovasi dengan memanfaatkan batubara lokal yang ada di Mallawa, Kabupaten Maros dan diolah menjadi pestisidañ yang bisa dimanfaatkan untuk membunuh serangga.

Melalui metode pirolisis yaitu suatu suatu metode yang digunakan untuk mengubah bahan baku menjadi asap cair. Asap cair yang dihasilkan inilah yang nantinya digunakan sebagai pestisida.

Menurut Muh. Arman selaku dosen peneliti, bahwa asap cair yang dihasilkan bisa dimanfaatkan sebagai pestisida untuk serangga. Misalkan bisa dimanfaatkan untuk mencehah rayap, semut dan lainnya.

“Kami bersama mahasiswa meneliti batu bara untuk dijadikan pestisida yang nantinya untuh serangga, jadi ini sebagai pencegah rayap dan semcamnya” Ujar Arman Kamis (16/07/2020)

Rencananya Penelitian ini dilaksankan selama 3 bulan di Laboratorium Teknik Kimia FTI-UMI.

Diharapkan penelitian ini bisa memberikan alternatif pestisida ramah lingkungan yang bisa dimanfaatkan masyarakat khususnya dibidang pertanian nantinya. Penelitian ini melibatkan 2  mahasiswa Srata satu.

(Red)

Baca Juga :   OKP Sapma PP Pangkep Komitmen Gaungkan Semangat Ideologi Pancasila
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: