Revolusi Tani Ala A. Utta

  • Bagikan
A.Utta saat berkunjung ke tengah tengah masyarakat Kabupaten Bulukumba

BULUKUMBA, Exposetimur.com – Melihat Potensi Sumber daya alam yang dimiliki Kabupaten Bulukumba yang begitu besar, khususnya potensi lahan perkebunan yang terhampar dan terbentang luas, maka tidak ada alasan bagi masyarakat Bulukumba yang mayoritas berprofesi sebagai petani kehidupannya tidak sejahtera. Hal tersebut diungkapkan salah satu Bakal Calon Bupati Bulukumba H.A.Muchtar Ali Yusuf sehabis melakukan kunjungan dibeberapa desa di Kabupaten Bulukumba.

Ditemui di kediamannya di Tanete Kecamatan Bulukumpa, Selasa (04/08/2020). H.A.Muchtar Ali Yusuf yang akrab disapa A.Utta menegaskan, jika masyarakat Bulukumba memberikan kepercayaan dan amanah untuk menjadi Bupati Bulukumba, maka ia akan fokus memprioritaskan pembangunan pada sektor pertanian yang memang menjadi sektor unggulan di Kabupaten Bulukumba.

Sebagai sosok yang berlatar belakang pengusaha, dan juga senang menanam tanaman bibit unggul, maka tidak heran jika ia punya pengetahuan sekaligus pengalaman di sektor perkebunan.

Bahkan saat ini dirinya juga berencana membebaskan lahan masyarakat minimal 200 Hektar untuk ia kelola menjadi perkebunan dengan tanaman bibit unggul sebagai contoh untuk masyarakat Bulukumba. Nantinya lahan ini menjadi laboratorium bagi petani dalam rangka meningkatkan produk hasil perkebunannya.

Untuk meningkatkan produktifitas dan kualitas hasil perkebunan masyarakat, lanjut A.Utta, maka dibutuhkan perubahan pola pikir dan pengetahuan teknis dalam mengelola lahan perkebunan yang bisa menghasilkan produksi meningkat sampai 2(Dua) kali lipat dari produksi sebelumnya. Perubahan pola pikir dan pengetahuan teknis untuk meningkatkan hasil dan kualitas produksi perkebunan tersebut, bagi H.A. Muchtar Ali Yusuf menyebutnya sebagai konsep Revolusi Tani, yakni suatu cara dan atau teknik untuk meningkatkan hasil produksi perkebunan secara drastis. Cara inilah yang paling tepat dilakukan jika ingin meningkatkan kesejahteraan petani, melalui peningkatan hasil dan kualitas produksi perkebunan masyarakat.

Baca Juga :   Bahas Pilkada Bulukumba, Ketua DPC PPP Bertemu Ketua DPC Demokrat

Tidak tanggung-tanggung, A,Utta yang rencananya berpasangan dengan H.A.Edy Manaf mencotohkan beberapa tanaman dari perkebunan yang ia miliki, khususnya untuk jenis tanaman buah-buahan, baik untuk jenis durian musangkin dan buah nangka, serta tanaman perkebunan lainnya, semuanya menunjukkan betapa produktifnya tanaman yang ia kelola. Dirinya mengaku, jika ilmu dan cara berkebun tersebut ia dapatkan dengan banyak belajar dari negara-negara yang pernah ia kunjungi. Jika negara Thailand dan Malaysia hasil perkebunannya bisa lebih produktif, maka Indonesia, khususnya di Bulukumba pasti juga bisa. Sebab ini soal pengetahuan dan teknik berkebun saja yang mesti dimiliki oleh masyarakat. “Jadi saya tidak sekedar bicara soal pentingnya revolusi tani guna meningkatkan kesejahteraan warga, tetapi apa yang saya ucapkan bisa saya buktikan, karena pengetahuan dan tekniknya saya miliki, jadi bukan hanya dicerita, tetapi harus dikerja” Tegas A.Utta.

A.Utta juga mengungkapkan, “jika dirinya diberi amanah untuk mengabdi di Bumi Panrita Lopi, ia akan mengajak para petani untuk berkunjung kebeberapa tempat yang memang memiliki produksi perkebunan yang baik, bukan hanya untuk melakukan studi banding dan atau studi tiru, akan tetapi jika perlu kita magangkan petani kita, agar memiliki pola pikir dan pengetahuan teknis tentang cara mengelola perkebunan yang jauh lebih produktif sehingga petani bisa 2 sampai 5 kali lipat hasil pertaniannya dalam 5 tahun kedepan” ungkapnya.

(Rils)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: