Ormas  

TIM PHP2D Universitas Muhammadiyah Bulukumba Lakukan Sosialisasi Koperasi Sampah di Desa Padangloang

TIM PHP2D Universitas Muhammadiyah Bulukumba Lakukan Sosialisasi Koperasi Sampah di Desa Padangloang, Kamis (17/09/2020)

BULUKUMBA, Exposetimur.com – Tim PHP2D Universitas Muhammadiyah Bulukumba bersama Wakil Rektor III UMB dan Dosen Pendamping melakukan sosialisasi ke seluruh masyarakat dan perangkat Desa Padangloang, Kecamatan Ujungloe, Kamis  17 September 2020.

Dalam kegiatan ini di hadiri banyak perangkat Desa Padangloang, Karang Taruna, Kepala RT/RW, dan masyarakat sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap kegiatan yang dilakukan.

Pada kegiatan sosialisasi ini, TIM PHP2D UM Bulukumba menjelaskan kepada seluruh masyarakat dan perangkat Desa Padangloang mengenai pembentukan koperasi sampah melalui sistem barter sampah dengan sembako sebagai solusi peningkatan kesejahteraan masyarakat pemecah batu, dengan tujuan untuk mengurangi limbah sampah utamanya sampah rumah tangga masyarakat Desa Padangloang. Keberadaan koperasi sampah ini bisa menjadi solusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kelak sampah yang dikumpulkan bapak dan ibu sekalian akan ditukarkan dengan sembako seperti gula, minyak , beras dll.” Ujar Ardianto selaku Dosen Pendamping.

“Bukan itu saja, masyarakat yang kurang mampu dan yang tidak memiliki kesibukan, nantinya akan dilatih oleh mahasiswa untuk membuat suatu kerajinan tangan yang memiliki nilai jual untuk dipasarkan.”. Lanjutnya

Masyarakat dan Pemerintah Desa Padangloang sangat mengapresiasi kegiatan yang di lakukan oleh pihak UMB ini, pasalnya kegiatan ini dinilai sangat membantu warga Desa Padangloang untuk lebih meningkatkan ekonomi melalui program koperasi sampah ini.

“Kami berterima kasih kepada mahasiswa karena telah memilih desa kami, dan kami berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut”  Ucap Kepala Desa Padangloang (Muhammad Rizal)

“Kami berharap program ini bisa menjadi desa percontohan bagi desa lainnya supaya tidak ada lagi sampah yang berserakan dan malahan sampah itu bisa meningkatkan perekonomian masyarakat”.Ujar Ketua Tim PHP2D (Saldi A.)

Baca Juga :   Pembentukan Karang Taruna Desa Garanta Dinilai cacat Adimistrasi

(RA/Editor Inchy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *