Bone Berduka, Rumah Adat Bola Soba Hangus Terbakar

Rumah Adat Bola Soba di Bone Hangus Terbakar

BONE, Exposetimur.com – Salah satu situs bersejarah yang merupakan ikon di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan menyisakan kessedihan setelah mengetahui kabar Rumah adat Bola Soba diporak porandakan si jago merah, pada subuh sekitar pukul 03.00, Sabtu (20/03/2021).

Bola Soba merupakan salah satu peninggalan sejarah kerajaan Bone di masa lalu yang dibangun pada masa pemerintahan Raja Bone ke-31, La Pawawoi Karaeng Sigeri MatinroE ri Bandung (1895-1905).

“Kita kehilangan sebuah peninggalan Sejarah Kerajaan Bone. Bola Soba dilalap habis oleh si jago merah. Peristiwa terjadi disekitar pukul 03.30 hari sabtu dini hari. Penyebab kebakaran belum diketahui pasti.” Ujar salah satu warga melalui tulisannya.

Kini rumah penuh sejarah itu tinggal puing. Api benar-benar melahap Bola Soba dengan ganas.

Dari informasi yang dihimpin, petugas pemadam kebakaran yang tiba di lokasi tak mampu menjinakkan api dengan cepat. Kontstruksi bangunan rumah yang terbuat dari kayu membuat mereka kewalahan.

Atas peristiwa ini, Orang Bone, atau siapapun yang punya keterkaitan emosional dengan Bone sudah barang tentu merasa sedih atas kejadian ini. Khususnya para Sejarahwan, Budayawan dan Penggiat Seni.

Hingga kini, belum diketahui pasti apa penyebab terjadinya kebakaran tersebut.

(rils)

Baca Juga :   Kabar Duka, Istri Gubernur Sultra Dikabarkan Meninggal Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *