Religi  

KUA Bulukumpa Bawakan Hikmah Nuzulul Qur’an di Mesjid Nurul Mu’minin Assipettungnge

KUA Kecamatan Bulukumpa, Ahmad Ridha, S.Ag, MH membawkan Hikmah Nuzulul Qur'an di Mesjid Nurul Mu'minin Assipettungnge, Kamis (06/05/2021)

Bulukumba, Exposetimur.com _ Nuzulul Qur’an merupakan salah satu peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam. Di Indonesia, Nuzulul Qur’an senantiasa  diperingati mulai pada 17 Ramadan.

Untuk mengenang peristiwa turunnya Al-Qur’an, Panitia Mesjid Nurul Mu’Minin Dusun Assipettungge, Desa Kambuno, Kecamatan Bulukumpa, melaksanakan peringatan Nuzulul Qur’an dengan menghadirkan Kepala KUA Kecamatan Bulukumpa, Ahmad Ridha, S.Ag. MH sebagai penceramah, Kamis (06/05/2021).

Peringatan Nuzul Qur’an di Mesjid Nurul Mu’minin Dusun Assipettungnge sekaligus dirangkaikan buka puasa bersama ini mengangkat tema Pengamalan nilai2 Al-Qur’an untuk Membangkitkan Spirit Ukhuwah islamiah yang kokoh.

Dalam paparannya, Ahmad Ridha menjelaskan bahwa Nuzulul Qur’an merupakan peristiwa yang berhubungan dengan turunnya Al Qur’an. Pada malam Nuzulul Qur’an umat Islam berlomba mencari berkah dengan amalan-amalan baik. Nuzulul Qur’an menjadi momen penting bagi umat Islam untuk membangun ukhwa islamiayah antara sesama, sehingga lahir kedamaian dalam kehidupan bermasyarakat.

“Nuzulul Qur’an merupakan peristiwa turunnya Al Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW. Peritiwa Nuzulul Qur’an ini tertulis di dalam Surat Al-Baqarah Ayat 185. Bulan Ramadan, bulan yang di padanya diturunkan permulaan Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda antara yang hak dan yang batil, tentu didalamnya bagaimana dianjurkan membangun nilai nilai ukhuwa antar sesama dalam bermasyarakat” Jelas Ahmad Ridha”

lebih jauh Ahmad Ridhabmenjelaskan bahwa, saat wahyu berupa Al Qur’an diturunkan, Nabi Muhammad SAW sedang berada di Gua Hira, ketika tiba-tiba Malaikat Jibril datang menyampaikan wahyu tersebut dimana wahyu pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad adalah surat Al Alaq ayat 1-5.

Istilah Nuzulul Qur’an ini biasa diperingati yang dimulai pada malam tanggal 17 Ramadan, sebagai malam di mana pertama kali Al Qur’an diturunkan kepada Rasulullah SAW di Gua Hira melalui malaikat Jibril.

Baca Juga :   Ust. Arsyul Ikram Rasyid di Jadwalkan Jadi Khatib Idul Fitri di Lapangan Desa Baruga Riattang, Ini Kata KUA Bulukumpa

Malam Nuzul Qur’an ini juga dihadiri Kepala Desa KAMBUNO syahrullah Syam, Tokoh agama, tokoh masyarakat dan para pemuda serta masyarakat lainnya. (Rep, Ilh/Ning)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *