Travel  

Pesona Alam Danau Desa Rana Kulan, Surga Tersembunyi di Manggarai Timur

Dirman saat berada di lokasi wisata danau di Desa Rana Kulan, Kecamtan Elar, Kabupaten Manggarai Timur

Matim, Exposetimur.com _ Wisata alam di Nusa Tenggara Timur dikenal memiliki banyak pesona. Seperti halnya wisata danau yang belum banyak diketahui wisatawan yang terletak di Desa Rana Kulan, Kecamtan Elar, Kabupaten Manggarai Timur

Keindahan dan pesona Danau Rana Kulan, Desa Rana Kulan, Kecamtan Elar Kabupaten Manggarai Timur, NTT

ini. Danau ini menyimpan sejuta keindahan. Hanya warga Desa Rana Kulan dan sekitarnya yang mengetahui keberadaan danau ini. Danau Rana Kulan berada di tengah hutan lindung RTR 0101 Jemali.

Untuk verkunjung ke Danau Rana Kulan tersebut, pengunjung akan menempu waktu kurang lebih 5 jam dari Ruteng (Manggarai Tengah) menuju lokasi. Selanjutnya jika berangkat dari Ibukota Kabupaten Manggarai Timur (borong), maka akan menempuh waktu sekitar 4 jam lebih.

Dirman selaku mahasiswa asal Desa Rana Kulan berharap pemerintah untuk memeberikan perhatian pada wisata Danau Ranakulan ini, khususnya Dinas Pariwisata Manggarai Timur untuk menjabarakan konsep pengembangan berbasis lingkungan dan komunitas, sehingga Danau ini akan menjadi sumber pendapatan asli daerah juga dapat membuka peluang pergerakan ekonomi di Desa ini.

“Selain mempehatikan dengan konsep berbasis lingkungan dan komunitas, pengembangan pariwisata berbasis cerita kekhasan nama-nama obyek wisata ini juga patut di lakukan sehingga antara peningkatan ekonomi dan nilai nilai kearifan lokal senantiasa sejalan” Ujar Dirman

Dirman  juga meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur giat mempromosikan pariwisata di daerah ini.

“Banyak tempat wisata yang belum dipromosikan di daerah, baik wisata budaya, alam, pantai, Komodo, burung endemik, danau-danau, air terjun, kain tenun, makanan khas, serta bunga teratai terunik di dunia” Bebernya kepada exposetimur, Ahad (23/05/2021).

Tidak hanya sampai disitu, Dirman juga berharap agar Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur memperhatikan infrastruktur jalan yang dinilainya masih sangat miris atau kurang layak di gunakan lagi, karena itu akan menjadi alasan wisatawan untuk tidak berkunjung ke Matim.

Baca Juga :   Utusan Lintas Negara Asal Timor Leste Ikuti Pelatihan Intepretasi Wisata BDLHK Makassar

“Jalan adalah salah satu aspek utama untuk menunjang pergerakan ekonomi masyarakat dan tentunya jika ga mempermuda para wisatawan untuk berkujung ke tempat wisata Danau Ranakulan dan tempat wisata lainnya ” Kunci Dirman. (Rep:Eventius Suparno)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *