Mengintip Sejuta Pesona Yang Tersembunyi Di Danau Rana Mese

  • Bagikan
Di Danau Rana Mese, Manggarai Timur
Di Danau Rana Mese, Manggarai Timur

Martim, exposetimur.com _Mengenal kepulauan Flores yang terletak di Provinsi NTT, rupanya tidak asing bagi semua kalangan. Anda tentu mengenal Flores karena potensi sumber pariwisata yang memiliki pesona. Berbagai tempat di Flores rupanya selalu diburu para wisatawan.

Salah satunya, Kabupaten Manggarai Timur, rupaya tidak kalah menyedot perhatian, karena masih memiliki sejuta potensi wisata alam yang eksotik.

Di Manggarai Timur terkenal dengan agrowisata kopi Colol, pantai Watu Pajung, kemudian seperti di Kelurahan Pota, Manggarai Timur, yang terletak di utara Pulau Flores. Objek wisata tersebut merupakan bagian dari cagar biosfer yang merupakan salah satu habitat dari Spesies Kadal Purba “Varanus Komodoensis” selain Pulau Komodo dan Rinca, Manggarai Barat.

Selain itu, di Manggarai Timur, masih ada objek wisata Danau Rana Mese yang menyimpan sejuta pesona yang tersembunyi. Tempat wisata tersebut tak kalah menariknya jika dibandingkan dengan beberapa destinasi terkenal lainnya untuk dikunjungi.

Destinasi wisata ini memang, belum terkenal dan tidak dimasukan dalam paket perjalanan wisata sehingga kunjungan wisatawan masih minim. Wisatawan menjadikan danau ini sebagai tempat singgah saat melintasi jalan negara Trans Flores Ruteng-Borong

Namun sesungguhnya, Danau Rana Mese merupakan salah satu obyek wisata alam ditanah Fores yang wajib dikunjungi.  Destinasi ini dikelilingi hutan lebat dan pepohonan yang hijau setiap musimnya tentu menjadi daya tarik tersendiri dari kawasan Danau Rana Mese.

Diketahui, Danau ini terletak di Desa Golo Loni, Kecamatan Rana Mese, Kabupaten Manggarai Timur. Danau Rana Mese diapiti gunung Mandosawu dan gunung Ranaka. Kawasan ini menjadi destinasi paling menarik dan wajib dikunjungi, karena kawasan ini dipenuhi berbagai flora dan fauna yang menemani sejuknya alam dikawasan ini.

Memasuki Danau Rana Mese, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan stapak dan anak tangga. Udaranya yang sejuk dan tempatnya juga asri dan hijau  karena dihiasi pepohonan yang rindang dan kawasan hutan yang terjaga.

Baca Juga :   Catat, Segini Sumbangsih PAD Taman Pattiro Tiroang Untuk Kabupaten Sinjai Selama Setahun

Selama perjalanan menuju Danau, suasananya sangat hening cocok sekali untuk orang yang ingin menjauhi dari suara bising perkotaan apalagi udara bersih yang kaya akan oksigen membuat Danau Ranamese menjadi wisata favorit menenangkan jiwa dan kita dapat menikmati keindahan alam di Danau Rana Mese karena flora dan fauna terpampang nyata disepanjang perjalanan.

Dijalan masuk bagian timur menuju Danau, terdapat beberapa jenis pohon seperti pohon natu, lui dan labe. Kita juga bisa menjumpai beberapa jenis anggrek hutan, salah satunya kantong semar.

Sesekali kita terdengar suara burung-burung penghuni hutan Rana Mese.  Dikawasan ini juga, masih dapat kita jumpai beberapa spesies monyet yang berkeliaran disekitar kawasan Danau Rana Mese yang kini keberadaannya hampir punah karena mukaih langkah.

Saat berdiri ditepi Danau, permukaan yang tenang dan air yang jernih memantulkan kembali ribuan pohon di sekeliling danau. Kabut begitu akrab seakan menyelimuti permukaan air dan memberi warnah tersendiri bagi suasana Danau Rana Mese. Sementara itu di pinggir danau terdapat beberapa warga sekitar sedang memancing ikan dengan peralatan mancing tradisional.

Selain Danau yang begitu indah, kawasan Rana Mese juga memiliki air terjun disisi timur Danau, lagi-lagi langkah dilalui jalan setapak yang berjarak 50 meter menuju air terjun. Di sana juga dapat merasakan nikmatnya mandi di air terjun, selain itu terdapat juga spot foto yang instragramable.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: