Ekbis  

Pembangunan Pabrik PT. Mandiri Inti Sawit di Desa Sopura, Wujudkan Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Kolaka

Bupati Kolaka bersama forkopimda hadiri peletakan batu pertama pembangunan pabrik kelapa sawit PT. Mandiri Inti Sawit di desa Sopura Pomalaa, Sabtu (03/07/2021)

KOLAKA, Exposetimur.com _ Kabupaten Kolaka diharapakan akan semakin mampuh meningkatkan pertumbuhan ekonomi terutama para masa pandemi covid -19. Hal tersebut bukan tanpa alasan mengingat kabupaten yang berada di provinsi Sulawesi Tenggara ini memiliki potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang cukup baik. Hal itu pula membuat para investor banyak melirik daerah ini.

Berangkat dari potensi itulah, salah satu perusahaan bergerak di bidang pertanian kembali menjadikan Kabupaten Kolaka untuk berinvestasi ditandai dengan Peletakan batu pertama pembangunan pabrik kelapa sawit PT. Mandiri Inti Sawit di Desa Sopura, Kecamatann Pomalaa, Kabupaten Kolaka (3/7/2021) kemarin.

Hadir dalam peletakan batu pertama di pembangunan pabrik PT. Mandinra Inti Sawit tersebut, diantaranya Bupati Kolaka, Wakil Bupati Kolaka, yang mewakili pangdam Hasanudin, Owner PT. Madinra Inti Sawit, Kapolres Kolaka, Kapolres Kolaka Utara, Kajari Kolaka, Kajari Kolaka Utara, Dandim 1412 Kolaka, Komisaris PT. Madinra Inti Sawit, Kadis Lingkungan Hidup Prov Sultra, Direktur Utama PT. Madinra Inti Sawit, Kanwil BNI wilayah 7 atau yang mewakili, Para camat, lurah, Kepala desa, dan DR. H. Das’ad Latief S.SOS, S.Ag, M.Si, Ph.d

Dalam sambutan Bupati Kolaka H.Ahmad Safei mengatakan  “kami selaku pemerintah daerah menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada PT. Madinra Inti Sawit yang telah menanamkan investasinya di daerah ini. Hal ini menunjukkan bahwa Kolaka adalah tempat yang baik untuk berinvestasi. Tentu di dukung oleh berbagai kemudahan-kemudahan dan yang terpenting adalah masyarakat yang kondusif” Harapnya.

Disisi lain tentu berdasarkan insting pengusaha melihat peluang dari potensi yang ada baik potensi sumber daya alam, potensi kehutanan dan potensi pertanian dalam arti luas serta di dukung dengan berbagai prasarana penunjang seperti pelabuhan, bandar udara, transportasi darat hotel dan lain-lain” Jelas Bupati.

Baca Juga :   Wali Kota Kendari Resmikan Laboraturium PT. Jasa Mutu Mineral Indonesia

PT. Madinra inti sawit ini telah berinvestasi di Kabupaten Kolaka dengan membangun kebun inti sawit yang hingga saat ini telah mencapai luasan kurang lebih 2.000 hektar dari rencana investasi seluas kurang lebih 18.000 hektar.

“Dengan terbangunnya kebun kelapa sawit dan pabrik ini tentu akan menimbulkan multiplier effect yang tidak terhingga banyaknya, karena akan melibatkan tenaga kerja yang banyak, sehingga akan membuka lapangan kerja baru maupun menumbuhkan lapangan usaha baru, seperti kios-kios yabg menyediakan bahan makanan, rumah kost, transportasi, dan kebutuhan laib yang berdampak pada masyarakar sekitar. “Olehnya itu, kami berharap kepada kita semua agar senantiasa menjaga keamanan dan ketertiban” Pintanya.

“Keunggulan lain tentu Desa Sopura ini akan berubah menjadi kota dalam desa, itu artinya bahwa ada suasana kota di desa ini. Kalau ini terjadi maka sangat diperlukan sinergitas dari semua pihak yang beraktivitas di wilayah ini, mulai dari pemerintah, pemuka masyarakat, pengamanan dan lain-lain” Kuncinya.

Kegiatan ini juga mengahdirkan penceramah ustadz  Das’ad Latif yang membawakan tauziah dan Do’a agar kehadiran perusahan kelapa sawit ini memberikan dampak positif  bagi kesejahteraan ummat, khususnya masyarakat Kabupaten Kolaka. (Rep Kom/Ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *