Pemkab Konsel Terus Lakukan Persiapan Jelang Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Nasional

Pemkab melalui Kadis Perpustakaan Konawe Selatan mengadakan rapat persiapan lomba perpustakaan di Desa perpustakaan terapung Desa Wawatu, Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan
Pemkab melalui Kadis Perpustakaan Konawe Selatan mengadakan rapat persiapan lomba perpustakaan di Desa perpustakaan terapung Desa Wawatu, Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan. Jumat (16/07/2021).

KONSEL, exposetimur.com – Menindak lanjuti persiapan Lomba Perpustakaan Desa tingkat nasional, maka dengan ini Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan mengadakan rapat persiapan lomba perpustakaan di Desa perpustakaan terapung Desa Wawatu, Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan. Jumat 16 juli 2021.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Staf Ahli Agussalim didampingi Kadis Perpustakaan Provinsi Nur Saleh, Kadis Perpustakaan Konsel Nana Diana, Kadis Kominfo Annas Mas’ud, Kadis Pariwisata Adiwarsa Toar, Kadis Sosial Surdin, Camat Moramo Utara Sartati Mokke, dan Kadis Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Yuliana serta Humas DSSP Bambang selaku pemanfaatan dana CSR PT DSSP, dan Sultra Island Care Sarmawan Uin selaku Kepala Perpustakaan Rumah Pande Dilao.

Perpustakaan terapung Pande Dilao Desa Wawatu Kecamatan Moramo Utara (Morut) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) yang telah berhasil meraih Juara Pertama Lomba Perpustakaan Desa (LPD) Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2021, dan selanjutnya Desa Wawatu akan mewakili Prov Sultra pada Lomba Desa Tingkat Nasional yang rencananya digelar bulan Agustus 2021

Penetapan pemenang sesuai Keputusan Kadis Perpus dan Arsip Pemprov Sultra, Nur Saleh, S.Pd., MM. Pub Nomor 34 Tahun 2021 tertanggal 07-07-2021.

Dalam keputusan yang ditanda tangani Kadisnya yang juga Ketua Tim Penilai disebutkan, menetapkan Desa Wawatu – Morut Konsel sebagai Juara I Lomba Perpustakaan Umum Desa/Kel Tingkat Prov Sultra 2021. Dan berhak mewakili Sultra ke Tingkat Nasional di Jakarta.

Dalam acara tersebut Kadis Perpustakaan Provinsi Nur Saleh menyampaikan beberapa hal dalam persiapan lomba yakni dukungan program berupa meningkatkan perkumpulan komunitas penggiat pembaca buku yang tinggal diperpustakaan ini serta memberikan inovasi dalam peningkatan perpustakaan yg dilakukan oleh pengelolah dan komunitas perpustakaan. Beliau juga berharap bisa menjuarai lomba perpustakaan tingkat nasional.

“Syukur Alhamdulillah, dari hasil penilaian kita menjadi yang terbaik dengan jumlah nilai 995 poin. Ini adalah prestasi membanggakan bagi Pemda dan rakyat Konsel, selanjutnya kita persiapkan hadapi lomba berikutnya, berharap kita juara lagi,”ujar Sahli kab Konsel, Agussalim saat memimpin rapat persiapan lomba perpustakaan desa di Desa Wawatu hari ini.

Baca Juga :   Wabup Konsel Tekankan Kedisiplinan ASN dan Berjanji Bakal Perjuangkan TPP

Mantan kadis Ketahanan Pangan ini juga berharap bangunan perpustakaan yang berada diatas laut dengan binaan masyarakat pesisir mendapat perhatian lebih dari pemerintah, melalui pengalokasiaan anggaran demi tercapai hasil yang memuaskan. Yaitu juara tingkat Nasional.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Konsel, Nana Diana mengatakan, menghadapi lomba tersebut, ia bersama jajaran telah mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk melaksanakan pembinaan serta memantapkan persiapan perpustakaan dalam ajang lomba yang akan diselenggarakan pada bulan Agustus.

Kadis Kominfo Konsel juga mengatakan akan mensupport penuh pembuatan wabsite perpustakaan guna kelancaran akses dalam peningkatan perpustakaan rumah Pande Dilao.

Harapan Kepala Perpustakaan agar perpustakaan ini bisa diperhatikan oleh pemerintah kabupaten guna peningkatan literisasi dan bantuan program peningkatan perpustakaan agar masyarakat pesisir muda untuk belajar walaupun dimasa pandemik ini.

Rapat pemantapan akhir akan dilakukan pada tanggal 22 bulan ini guna melengkapi segala sesuatu yang digunakan dalam lomba tingkat nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *