Melalui Webinar, DEM Sultra Komitmen Kawal Kedaulatan SDA Energi Lithium

  • Bagikan

Kendari, exposetimur.com – Dewan Energi Mahasiswa Sulawesi Tenggara menggelar Webinar Pemuda Nasional Sember Daya Alam dengan teman ” peran penting pemuda dalam tata kelola sumber daya alam Energi “Lithium” Sebagai Upaya Menyongsong Pembangunan Nasional dan daerah dengan Sulawesi Tenggara”

Kegiatan ini dilaksanakan, Selasa 21 September 2021 via Zoom Meeting

Kita ketahui bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah terbentang dari Pulau Sumatera hingga Papua, sebagai sumber daya alam strategis masa depan Nikel adalah komoditas yang pemanfaatannya sangat besar dan memiliki nilai strategis di bidang Energi masa depan. Menurut data dari United State Geological Survey dan Badan Geologi Kementrian ESDM RI 2021 menyatakan bahwa Indonesia menempati urutan pertama cadangan Nikel Dunia. Proporsi cadangan Nikel Indonesia mencapai 52% cadangan Nikel Dunia saat ini yang sebesar 139 juta Ton (cadangan tereksplorasi). Kapasitas cadangan yang tereksplorasi di Indonesia sebesar 172 juta Metrik Ton.

“Tuhan Y.M.E telah menganugerahkan kekayaan sumber daya alam kepada Indonesia dan terkhusus nya di Bumi Anoa Sulawesi Tenggara dengan potensi nikel yang begitu besar untuk dikelola semata-mata kemakmuran rakyat ” Ujar Slamet Anang

Dikatakannya bahwa Menurut data dari Dinas ESDM Provinsi Sulawesi Tenggara cadangan Nikel Sultra mencapai 97 Milyar Ton (cadangan tereksplorasi dan non eksplorasi) yang tersebar di seluruh wilayah Sulawesi Tenggara meliputi daratan ataupun kepulauan.

” Dengan melihat potensi yang ada seyogyanya kita sebagai pemuda mengambil peran strategis terhadap pembangunan dan kemajuan Bangsa ini. Apalagi kita memasuki bonus demografi ini adalah peluang bangsa ini untuk menjadi maju dengan dengan mengasah skil pemuda, meningkatkan kualitas sumber daya kita mampu mengoptimalkan potensi pemuda Nasional dan daerah ini sebagai modal untuk menjadi penggerak roda kemjuan nasional dan daerah, jangan sampai bonus demografi kita menjadi bencana demografi di masa depan ” Tambah Slamet Anang yang juga ketua Dewan Energi Mahasiswa Sultra.

Baca Juga :   Bekerjasama Dengan Masjid Istiqlal Jakarta Untuk Mencetak Anak Asli Kaimana Jadi Ulama: INI Yang Akan Dilakukan BKPRMI Kaimana

Sementara, Wega Maulana dalam paparannya mengatakan, “Pemuda harus berani dalam mengambil sikap tentang keadaan Bangsa. Kita belajar dari sejarah reformasi bahwa pemuda mengambil peran penting dalam tatanan negara, mengambil tindakan besar untuk sebuah perubahan. Mengenai perihal cita cita kedaulatan Energi bangsa ini kita harus banyak belajar dari nenenk moyang kita bagaimana membangun bangsa ini, diibaratkan menendang sebuah bola saat pinalti kita mundur dan mengayunkan langkah semakin jauh mengayun maka semakin kuat pula tendangan bola tersebut” Terang Founder DEM Indonesia ini.

” Melalui webinar Pemuda Nasional sumber daya alam, Dewan Energi Mahasiswa Sulawesi Tenggara, dengan penuh optimis perjuangan terhadap Ibu Pertiwi, kita pemuda Sultra bertekad bulatkan niat wujudkan kedaulatan Energi Negeri” Kuncinya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: