Ciptakan Generasi Qurani, Rumah Tahfidz Kini Ada di Desa Tibona

  • Bagikan
Rapat pembentukan Rumah Tahfidz Qur'an Di TPA Al Ihwan Dusun Padang Malabo, Desa Tibona
Rapat pembentukan Rumah Tahfidz Qur'an Di TPA Al Ihwan Dusun Padang Malabo, Desa Tibona, Jumat Kemarin, (01/10/2021)

Bulukumba, exposetimur.com _ Jumat 1 Oktober 2021, bertepatan Hari Kesaktian Pancasila, warga Dusun Padang Malabo, Desa Tibona, Kecamatan Bulukumpa, Kab. Bulukumba telah melakukan pertemuan untuk agenda pembetukan Rumah Tahfidz Al Qur’an.

Pertemuan tersebut turut di hadiri Pembina TKA/TPA/TPQ Al Ikhwan, Kadus Padang Malabo, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Calon Orang Tua Santri, Santri, Para Pembina dan Guru TPA Al Ikhwan, serta masyarakat pada umumnya.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala TPA Al Ikhwan melaporkan bahwa, kegiatan dan rencana pembentukan Rumah Tahfidz Al-Qur’an tersebut, untuk menumbuhkan dan mengembangkan bakat dan minat anak-anak yang ada di Desa Tibona, khususnya di Dusun Padang Malabo yang selama ini banyak memiliki potensi menjadi Hafidz dan Hafidzah.

“ Perlu saya laporkan bahwa maksud dan tujuan di bentuknya Rumah Tahfidz ini, salah satunya untuk menumbuhkan dan mengembangkan bakat dan minat anak Santri yang ada di Desa Tibona, khususnya di Dusun Padang Malabo yang selama ini banyak memiliki potensi menjadi Hafidz dan Hafidzah” Ujar Rusmiati.L,S.Pd.

Salah Seorang Tokoh Pendidik yang juga selaku penasehat TPA AL Ikhwan, menyambut baik rencana pembentukan RTQ ini,

“ Saya menyambut baik rencana pembentukan RTQ ini, karena ini merupakan upaya untuk menghidupkan kembali tradisi tradisi Membaca, menghafal dan memahami makna yang terkandung di dalam Al Qur’an yang selama ini nenek moyang kita selalu lakukan. Hanya saja dulu mereka masih melakukan di rumah saja, dan Alhamdulilah kalau RTQ ini terbentuk, itu akan kita tempatkan di Gedung TPA ini, dan akan di bina oleh Para Ustadz dan Ustadzah yang berkompeten” Ucap Muh.Jafar,S.Pd.

Rapat pembentukan Rumah Tahfidz Qur'an Di TPA Al Ihwan Dusun Padang Malabo, Desa Tibona
Rapat pembentukan Rumah Tahfidz Qur’an Di TPA Al Ihwan Dusun Padang Malabo, Desa Tibona, Jumat kemarin, (02/10/2021)

Sementara Arman, SP, M.Si selaku Inisiator pendirian Rumah Tahfidz Al Quran ini menyampaikan bahwa, rumah Tahfidz adalah embrio dan gerbang membangun Santri dan Generasi Dakwah Al Quran.

“ Saya sebagai warga Dusun Padang Malabo, sudah sejak lama memikirkan terbentuknya Rumah Tahfidz, dan Alhamdulilah itu di respon dengan baik oleh Para Tokoh dan Masyarakat yang ada di Dusun Padang Malabo sehingga di momen hari ini sangat tepat saya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak” Terang Arman pada exposetimur, Sabtu (02/10/2021).

Baca Juga :   Maju Cakades Tibona, Seperti Ini Tekad Supriadi

Dikatakannya “Pembentukan RTQ ini dilakukan hanya semata mata agar di kampung kita ini melahirkan, mencetak generasi yang memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, dan tentunya untuk mengembangkan kemampuan santri dalam membaca, menulis, menghafal, memahami dan menafsirkan serta mengamalkan kandungan Al Qur’an” Imbuh Pengurus BKPRMI ini.

Ketua Forum TPQ Kecamatan Bulukumpa ini, lalu menambahkan bahwa, kegiatan pembelajaran yang akan di sajikan kepada Santri nantinya yakni, pelaksanaan kegiatan pembelajaran baca tulis al-Quran (BTQ) dan menghafal Al-Quran, serta kajian pemahaman al-Quran (kajian Akidah-Akhlaq dan Fiqih red), Khatil Quran (menulis Indah Al-Quran), Imla (menulis Arab), tausiyah (ceramah/pidato) dan publik speaking (berlatih bicara di panggung/MC , Menghafal Al-Quran secara bertahap dan berkelanjutan.

Sebagaimana diketahui bahwa, pendirian Rumah Tahfidz sudah di atur dan di lindungi melalui peraturan Kementerian Agama berdarah Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 91 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Pendidikan Al-Qur’an,

Dalam rapat tersebut pula di sepakati susunan pengurus, Guru, tenaga adminitrasi,tata tertib RTQ serta jadwal pelaksanaan pembelajaran, dan pembelajaran perdana pun di mulai pada hari ini, Sabtu (Malam Ahad, 2 Oktober 2021 red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: