TMMD : Terbukanya Akses Jalan, Sebuah Harap Warga Desa Ampar Bedang

Senyum anak-anak yang asik bermain ditengah kegiatan pembukaan akses jalan desa Ampar Bedang
Senyum anak-anak yang asik bermain ditengah kegiatan pembukaan akses jalan desa Ampar Bedang

Kalbar,exposetimur.com_ Desa Ampar Bedang adalah sebuah aglomerasi permukiman di area perdesaan (rural). di bawah Kecamatan Binjai Hulu.

Desa Ampar Bedang terdiri dari beberapa unit permukiman kecil yang disebut kampung (dusun).

Desa Ampar Bedang terdiri dari lima dusun yaitu, dusun Rantau Tengudan, dusun Tebelian Mandiri, dusun Pustabedang, dusun Betung Sari, dusun Sumban.

Secara geografis desa Ampar Bedang yang berada di bantaran sungai Kapuas. Sungai Kapuas yang menjadi salah satu ikonik Provinsi Kalimantan Barat.

Di sepanjang sungai terpanjang di Indonesia tersebut banyak daerah di Kalbar yang berada di bantarannya. Termasuk urat nadi perekonomian berawal dari sepanjang sungai Kapuas tersebut.

Tranportasi andalan hingga saat ini semua daerah yang berada di bantaran sungai Kapuas

Satgas TMMD 112 menggunakan Tranportasi andalan  daerah yang berada di bantaran sungai Kapuas
Satgas TMMD 112 menggunakan Tranportasi andalan daerah yang berada di bantaran sungai Kapuas

adalah menggunakan transportasi perairan.

Termasuk juga desa Ampar Bedang, kecamatan Binjai Hulu, Kabupaten Sintang, provinsi Kalbar juga demikian halnya.

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang merupakan program terpadu lintas sektoral untuk meningkatkan akselerasi bagi pembangunan khususnya di pedesaan.

Pada kesempatan kali ini dituturkan oleh Danrem 121/Abw Brigjen TNI Dr.Ronny, S.A.P, M.M, Tahun 2021 TMMD Regtas ke-112 di kabupaten Sintang menyasar daerah pedesaan di Ampar Bedang.

Kegiatan TMMD ini merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat yang sinergis dengan program-program pemerintah, baik pusat maupun daerah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat terutama di wilayah pedesaan.

“Dengan adanya program TMMD kali ini harapan kita manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat dan diharapkan menjadi salah satu jalan bagi terwujudnya kesejahteraan masyarakat dan ketahanan wilayah sasaran,” kata Brigjen TNI Dr.Ronny.

Berangkat dari itu daerah pedesaan dari desa yang satu menuju desa yang lain konektivitas menurut Danrem harus tersambung.

Baca Juga :   7 Personel Polres Tasikmalaya Kota Dapat Reward Usai Menangkap Pelaku Kejahatan Jalanan

“Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan juga dilaksanakan di daerah pedesaan melalui program TMMD yang bersinergi dengan pemerintah pusat maupun daerah,” katanya pada Kamis (30/9/2021).

Sasaran ini adalah program unggulan dari kegiatan TMMD setiap tahunnya Ia harapkan agar membuka daerah yang terisolir.

Apalagi lanjut Danrem wilayah Korem 121/Abw yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, maka diharapkan dengan terbuka akses jalan semakin meningkatkan perekonomian masyarakat.

Di tempat terpisah kepala desa Ampar Bedang Tony menjelaskan bahwa, desa Ampar Bedang hanya berjarak tidak lebih dari dua puluh kilometer dari kota kabupaten Sintang.

Namun demikian karena secara geografis terdapat banyak sungai maka menurut dia, Konektivitas adalah kata kunci untuk mempersingkat jarak tempuh.

Pembangunan infrastruktur jalan sepanjang 4 Km dan jembatan dari dusun Betung Sari menuju desa Simba Raya ini akan memberikan efek sangat baik bagi arus lalulintas warganya.

“Pembukaan akses jalan adalah upaya membangkitkan sektor ekonomi bagi warga desa Ampar Bedang melalui program TMMD ini harapan itu semakin nyata,” ujar kades Tony pada Jum’at (1/10/2021).

Untuk itu hingga tanggal 15 Oktober 2021 nanti warga desa Ampar Bedang, ungkap Tony akan bersama membantu Satgas TMMD untuk mensukseskan kegiatan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *