Peran Aktif HMI Cabang Persiapan Mateng Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat

  • Bagikan
Para kader Kohati HMI Cabang Persiapan Mamuju Tengah dalam giat menyiapkan buku untuk masyarakat.
Para kader Kohati HMI Cabang Persiapan Mamuju Tengah dalam giat menyiapkan buku untuk masyarakat.

Mateng, exposetimur.com _ Buku merupakan sumber berbagai informasi yang dapat membuka wawasan kita tentang berbagai hal seperti ilmu pengetahuan, ekonomi, sosial, budaya, politik, maupun aspek-aspek kehidupan lainnya. Selain itu, dengan membaca, dapat membantu mengubah masa depan, serta dapat menambah kecerdasan akal dan pikiran kita.

Tanpa kita sadari, manfaat membaca buku dapat memberikan banyak inspirasi bagi kita. Namun sayangnya, kegiatan membaca buku akhir-akhir ini telah banyak diabaikan berbagai kalangan dengan alasan kesibukan, maupun karena adanya media yang lebih praktis untuk mendapatkan informasi seperti televisi, radio, maupun media internet.

Namun fasilitas yang ada khususnya di Mamuju Tengah masih sangat terbatas, seperti ruang baca, termasuk toko buku. Ketika kita ingin mencari buku, kita bingung harus cari dan membeli dimana. Ini salah satu faktor sehingga minat baca anak-anak termasuk kalangan pemuda saat ini bisa terbilang sangat minim.

Melihat masalah tersebut, Korsp HMI Wati (Kohati) persiapan Cabang Mamuju Tengah berinisiatif untuk menumbuhkan minat baca masyarakat. Para pemuda termasuk siap menfasilitasi untuk mencari buku bacaan.

Rohani Ketua Kohati Persiapan Mamuju Tengah mengatakan  “Ini kami lakukan untuk memudahkan teman-teman yang ada di Mamuju Tengah khususnya wilayah Topoyo jika nanti ada yang membutuhkan buku bacaan bisa dengan mudah mendapatkan informasi ataupun ingin memesan buku ,”

“Mereka bisa menghubungi salah satu dari Kohati dengan menyertakan Judul Buku, Penulis/pengarang dan Penerbitnya, dan akan kami bantu sampai dapat” terangnya

“Kedepannya kami juga akan menerima jika ada yang ingin menjual buku yang pernah dibaca (buku bekas). Karena ada beberapa orang yang biasa mempunyai buku sudah di baca dan di biarkan begitu saja. Agar lebih bermanfaat dan bukunya tidak rusak, kami akan membelinya” Tambah Rohani.

Baca Juga :   Pemkab Konsel Terus Lakukan Persiapan Jelang Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Nasional

Sementara Masbur, Ketua HMI Persiapan Mamuju Tengah mengatakan bahwa, ia sangat pengapresiasi langkah awal yang dilakukan kader Kohati dalam kegiatan literasi sosial ini. Ia pun berharap minat baca di daerah ini akan semakin baik.

“Kami mengapresiasi langkah awal adik-adik, Harapan kami, ya semoga dengan adanya inisiatif ini dapat membantu teman-teman meningkatkan minat membacanya. Karena seperti yang kita ketahui bahwa buku adalah jendela dunia. Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dengan membaca buku” Tutup Masbur

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: