Hadiri Pelantikan APSI, Bupati Andi Utta : Mari Bersinergi Atasi Permasalahan Pendidikan

  • Bagikan
Pelantikan Pengurus Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Kabupaten Bulukumba periode 2021-2026, di Ruang Pola Kantor Bupati
Pelantikan Pengurus Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Kabupaten Bulukumba periode 2021-2026, di Ruang Pola Kantor Bupati, kamis (7/10/2021).

Bulukumba, exposetimur.com – Bupati Bulukumba H. A. Muchtar Ali Yusuf menghadiri pelantikan Pengurus Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Kabupaten Bulukumba periode 2021-2026, di Ruang Pola Kantor Bupati, kamis (7/10/2021).

Pelantikan tersebut dihadiri pula Wabup H. A. Edy Manaf S.Sos, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bulukumba Drs. H. Akhmad Januaris, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wil V Provinsi Sulawesi Selatan Muh. Haris S.Kom, Ketua APSI Provinsi Sulawesi Selatan Drs. Achmad Ramli K, Ketua APSI Kabupaten Bulukumba Hj. Hamrina A Muri S.Pd, serta para Pengawas Sekolah se-Kabupaten Bulukumba.

Diketahui, jumlah Pengawas Sekolah di Kabupaten Bulukumba yakni 75 orang, dimana ke 75 orang tersebut terdiri dari 18 orang pada Jenjang Taman Kanak-Kanak (TK), 24 orang pengawas jenjang Sekolah Dasar (SD), 16 orang pengawas di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan di jenjang Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) berjumlah 5 orang. Sedangkan pada lingkup Kementerian Agama Kabupaten Bulukumba berjumlah 12 orang pengawas.

Ketua APSI Sulsel mengatakan bahwa para pengurus APSI Bulukumba yang dilantik agar senantiasa melaksanakan tugas pokok dalam menjalankan program pengawasan agar dapat tercipta lingkup Pendidikan yang berkualitas, baik dalam sistem pembelajaran maupun tenaga pengajar sesuai dengan tugas Pengawas Sekolah yaitu memantau pelaksanaan standar Nasional Pendidikan serta menyusun dan melaksanakan pembinaan Guru dan Kepala Sekolah/Madrasah.

“pengawas itu merupakan jabatan profesional, ukuran kinerjanya itu jika sekolah binaannya meningkat mutu dan kualitasnya, baik itu mutu manajemen maupun mutu proses pembelajaran yang dilaksanakan,” ujar Achmad Ramli.

Sementara Bupati Muchtar Ali Yusuf yang hadir pada saat itu menyampaikan ucapan selamat kepada para pengurus APSI Bulukumba yang telah dilantik. Bupati berharap mereka yang dilantik dapat mengemban kepercayaan dan amanah untuk dijadikan motivasi dan inspirasi agar lebih meningkatan pengabdian dan sumbangsih dalam rangka pembangunan sumber daya manusia di bidang Pendidikan.

Baca Juga :   Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai Gelar Diklat Calon Kepala Sekolah Tingkat TK, SD dan SMP

Bupati menambahkan bahwa, APSI sebagai badan yang bersifat mandiri bertujuan meningkatkan kompetensi pengawas sekolah/madrasah secara profesional, dan lebih penting kata Bupati bagaimana membangun jati diri pengawas sekolah yang bermartabat, serta menjadi garda terdepan dalam menjamin dan meningkatkan mutu Pendidikan Indonesia.

“APSI Kabupaten Bulukumba diharapkan dapat memberikan masukan, pertimbangan, dan rekomendasi kepada pemerintah daerah, maupun kepada satuan Pendidikan mengenai kebijakan dan program Pendidikan,” ucap Bupati.

Selain itu, Bupati Andi Utta juga berharap APSI dapat memberikan dukungan serta kontribusi pemikiran agar sektor Pendidikan Kabupaten Bulukumba dapat lebih baik, serta dapat bersinergi dalam memastikan penyelenggaraan Pendidikan di sekolah berjalan dengan baik.

“saya mengajak mari kita sama-sama membantu pemerintah dalam menyelesaikan berbagai permasalahan Pendidikan di Bulukumba, apalagi saat ini kita dalam situasi pandemi covid dimana anak-anak kita melaksanakan sekolah secara terbatas,” tutur Bupati Andi Utta.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: