Plh Bupati Koltim Tekankan Pentingnya Peningkatan Hasil Kerja Istansi Untuk Kemajuan Suatu Daerah

  • Bagikan

Koltim, exposetimur.com – Pelaksana Harian atau Plh Bupati Koltim H Belli SE MSi, menekankan akan pentingnya peningkatan hasil kerja dari semua instansi untuk kemajuan suatu daerah.

Hal ini ia sampaikan saat membuka Rapat Pembinaan Kegiatan Pembangunan Kabupaten dan Kota Se-Sultra di Aula Kantor Bupati Koltim, Kamis (4/11). Turut hadir Kepala BPKAD Sultra, Kepala UKPBJ Provinsi Sultra dan seluruh pimpinan OPD se-Koltim.

“Sebagai pelaksanan pemerintah daerah, kita semua satu sama lain harus berupaya saling meningkatkan fungsi pemerintah daerah, dengan bidang fungsi masing-masing, kewenangan komunikasi dan koordinasi yang baik, serta mendapatkan hasil kerja yang tinggi sesuai harapan kita bersama,” harapnya.

Dikatakannya, dalam rangka mewujudkan pelaksanaan APBD secara tepat waktu dan mutu tepat sasaran dengan komunikasi yang baik, salah satu upaya yang ditempuh dalam pengendalian eksistensi yang sukses terhadap program kegiatan yang dilaksanakan secara internal masing-masing.

Lanjutnya, penyelenggaraan pemerintah dalam pembangunan, merupakan mata rantai saling berkesinambungan maka itu perlu ditekankan bahwa aktivitas pembagian tingkat berdasarkan data realisasi dalam bentuk lain konsultansi, koodinasi dan bentuk lainnya secara keseluruhan, dan untuk mendukung dalam melaksanakan kegiatan yang sudah direncanakan, melalui upaya pengendalian secara sistematis tersebut .

Menurutnya, kegiatan yang telah dilaksanakan tercapai dengan baik, sebagai bagian dari pelayanan publik kepada masyarakat. Berdasarkan data realisasi kerja APBD sepanjang 15 oktober 2021 sebutnya, berdasarkan hasil kabupaten kota Sulawesi Tenggara, realisasi keuangan tertinggi sampai dengan Oktober adalah kabupaten konawe sebesar 61 persen, dan realisasi keuangan terendah terkait realisasi fisik adalah Koltim.

“Terimah kasih kepada Inspektur atas waktunya dan semua kepala OPD lingkup Kabupaten Kolaka Timur. Melalui kesempatan ini, ada beberapa hal yang ingin saya tegaskan. Yang pertama, semua pimpinan OPD harus dapat melaksanakan pengendalian dalam pengolaan keuangan semua kegiatan dilingkup OPD. Sehingga, semua kegiatan dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu, dengan kualitas hasil yang memuaskan, dan dirasakan dampaknya oleh masyarakat secara luas. Yang kedua adalah, untuk segera melakukan pelaksanaan kegiatan sosialisasi anggaran, mengingat saat ini telah memasuki triwulan 4. Yang ke tiga adalah melakukan evaluasi semua kegiatan tahunan anggaran 2021. Selanjutnya, evaluasi kegiatan seluruh OPD termasuk kacamatan, berkewajiban mengantri data sosialisasi kegiatan dan menyampaikan laporan bulanan selambat-lambatnya pada tanggal 10, kepada Bupati Kolaka Timur dan Bagian Administrasi Pembangunan Sekda Kabupaten Kolaka Timur,” tuntasnya.

Baca Juga :   Kembali Catat Prestasi, Pemkot Kendari Terima Penghargaan SAKIP 2020 Kategori B, dan RB 2020 Kategori B

Sementara Kepala Inspektorat atau Inspektur Koltim Husain T SPd dalam laporannya menyampaikan, Pemda Koltim melalui Inspektorat meiliki kewenangan untuk melakukan pembinaan dan pengawasan terkait penggunaan anggaran tersebut.

 

“Untuk penyerapan anggaran ini juga, sering disampaikan pada saat rapat di provinsi bersama Bapak Gubernur, bahwa benar kita harus mempercepat penyerapan untuk pergerakan perekonomian. Tapi jangan lupa, Jangan hanya penyerapan tapi tidak sesuai dengan aturan itu yang perlu, jangan sampai tidak sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan,” ucapnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: