Peringatan Hari HAM Internasional ; HMI Cabang Gowa Raya Gelar Dialog

  • Bagikan

GOWAhttp://exposetimur.com  Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Gowa Raya peringati hari HAM Internasional dengan mengusung tema “Represifitas Negara dan Wajah Penegakan HAM di Indonesia Hari ini” di Warkop Mau.co Jl. Tun Abdul Razak. Jumat (10/12/2021).

Menghadirkan Ahkam Jayadi, SH., MH yang merupakan Akademisi UIN Alauddin Makassar, Muhammad Arsyi Jailolo merupakan Ketua Umum HMI Cabang Makassar dan Nur Wahid dari Kontras Sulawesi.

Berbicara mengenai peran pemuda khususnya pada HMI dalam menyikapi persoalan HAM Muhammad Arsyi menegaskan bahwa pengamalan ilmu menjadi nilai penting.

“Kita sebagai organisasi pergerakan, perjuangan, dan kaderisasi. Kaderisasi tidak terbatas berbicara tentang training saja tetapi bagaimana pengabdian dan loyalitas teman-teman terhadap organisasi dan masyarakat untuk menjalankan skema-skema kehidupan, karena siapa lagi yang mau dan bisa mengevaluasi pemerintah, siapa lagi yang bisa menjadi teman diskusi secara kritik dan saran kalau bukan kader dari HMI,” tuturnya.

Hak atas lingkungan yang baik dan sehat adalah HAM itu sendiri, Nur Wahid juga menegaskan bagaimana peran manusia terhadap alam.

“Bagaimana perilaku masyarakat selain daripada dirinya, pada hewa, tumbuhan juga bumi relasinya buka  sebagai subjek dan objek, manusia dan alam harusnya bertindak secara subjek dan subjek, agar tidak terjadi relasi yang kacau,” tuturnya.

Baca Juga :   Hippmaharu USN Kolaborasi Hippmaharu Qahar Mudzakkar Gelar Dialog Mahasiswa Produktif
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: