Senkom Papua Ikuti Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Carstenz -2021 

  • Bagikan

Jayapura –  http://Exposetimur.com  Bertempat di Parkir Hall Kompleks Stadion Lukas Enembe Kampung Harapan Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura Provinsi Papua, sebanyak 35 anggota Senkom Mitra Polri mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Carstenz-2021 pada Kamis (23/12/2021) sore.

Apel gelar pasukan dipimpin langsung Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K dengan dihadiri oleh Kasdam XVII/Cenderawasih, Brigjen TNI Bambang Trisnohadi, Danrem 172/PWY, Brigjen TNI Izak Pangemanan, M. Han, Danlantamal X Jayapura, Brigjen TNI (MAR) Feryanto Pardamean Marpaung, Wakapolda Papua, Brigjen Pol Dr. Eko Rudi Sudarto, S.I.K, M.Si, Asisten III Pemprov Papua, Yorgemes Derek Hegemur, S.H, M.H, Kadisops Lanud Silas Papare, Kolonel Nav Endra Prasetiawan, Para PJU Polda Papua, Ketua Senkom Provinsi Papua, Kholid, S.Kom, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Papua William R. Manderi, S.IP, M.Si dan Kepala Cabang Jasa Raharja Papua – Papua Barat Bapak Mulkan, SE., M.Si., AAAI-K.

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si dalam sambutannya yang dibacakan Kapolda Papua menyampaikan bahwa pada hari ini kita masih diberikan kesehatan dan kekuatan untuk dapat melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin-2021 yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri dengan tema “Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin-2021, Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman Dan Nyaman Pada Perayaan Natal 2021 Dan Tahun Baru 2022” tentunya tetap memerhatikan protokol kesehatan.

Ketua Senkom Mitra Polri, Kholis, S.Kom bersama para petinggi TNI/Polri dan pejabat forkopimda

“Perayaan hari raya natal dan tahun baru (Nataru) sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia untuk melaksanakan kegiatan ibadah, berkumpul, dan bersuka cita bersama dengan keluarga serta merayakan pergantian tahun di berbagai lokasi. Hal ini tentunya akan meningkatkan mobilitas dan aktivitas masyarakat, sehingga berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas dan kamseltibcarlantas serta penyebaran pandemi covid-19,” ucap Kapolda Papua.

Oleh karena itu, Polri dengan dukungan dari TNI, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan lainnya menyelenggarakan Operasi Lilin-2021 yang dilaksanakan selama 10 hari mulai tanggal 23 Desember 2021 s.d. 2 Januari 2022. Fokus pengamanan adalah 54.959 obyek di seluruh Indonesia baik gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, obyek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, stasiun KA, dan bandara. Dalam pelaksanaannya, operasi ini akan melibatkan 177.212 personel pengamanan gabungan.

Baca Juga :   Bupati Sinjai Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021

Yang terdiri atas 103.188 personel Polri, 19.017 personel TNI, serta 55.007 personel yang berasal dari instansi terkait antara lain Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom dan instansi lainnya. Kekuatan personel tersebut akan ditempatkan pada 19.464 Pos Pengamanan dan 1.082 Pos Pelayanan.

Ia juga menjelaskan, Berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, terdapat beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus kita antisipasi antara lain, ancaman kelompok intoleran, radikalisme, dan terorisme, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, balap liar, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, kerumunan masyarakat yang berpotensi menyebabkan penularan covid-19, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.

Oleh karena itu, Operasi Lilin-2021 harus dilaksanakan secara optimal. Kejahatan dan gangguan kamtibmas sekecil apapun harus kita cegah dan antisipasi. Ketika operasi ini berhasil, masyarakat dapat melaksanakan aktivitas ibadah natal dan tahun baru dengan rasa aman dan nyaman, baik dari gangguan kamtibmas maupun dari bahaya covid-19. Event-event nasional dan internasional pun dapat berjalan dengan baik. Untuk itu, laksanakan operasi ini dengan penuh rasa tanggung jawab dengan dukungan penuh masyarakat.

Sementara itu ketua Senkom Provinsi Papua, Kholid, S.Kom menjelaskan anggota Senkom Mitra Polri se-Papua insyaAllah siap membackup dan mensukseskan Operasi Lilin Cartenz 2021 di Tanah Papua.

“Kepada jajaran dan anggota Senkom yang berada di Kota/Kabupaten Jayapura, Biak Numfor, Keerom, Jayawijaya, Mimika, Nabire, Merauke, Kepulauan Yapen supaya dapat berpartisipasi dan bergabung di pospam yang berada di Polres wilayahnya masing-masing,” tutup Kholid. **

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: