Desa  

Terkait Pepres 104 Tentang DD, Kades Barugariattang Berikan Penjelasan Terbuka, Simak Ulasannya

Asrul Sani, SE (Kepala Desa Barugariattang)

Bulukumba, exposetimur.com | Sesuai perpres nomor 104 tahun 2021,tentang rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran 2022

Pasal 4 yaitu penggunaan Dana Desa (DD) yang dimaksud ayat 1 huruf b ditentukan penggunaannya yakni

  1. Program perlindungan sosial/BLT sebesar 40% dari Dana Desa
  2. Program ketahanan pangan dan Hewani. Termasuk mensinergikan program pemerintah kabupaten di sektor pertanian sebesar 20%
  3. Penanganan COVID 19 Sebesar 8%

Berdasarkan hal tersebut, Pemerintah Desa Barugariattang Kecamatan Bulukumpa, Kab. Bulukumba melalui keterangan Asrul Sani, SE selaku Kepala Desa bahwa dari jumlah Dana Desa Rp.751 juta (68 % red), tersisa 32% pagu Dana Desa yang akan digunakan untuk pembangunan, khususnya menata dan menggerakkan kembali lembaga lembaga/organisasi yang ada di desa, penanganan stunting dan lain sebagainya.

” Dari jumlah Dana Desa yang ada, 68 % sudah diatur peruntukannya berdasarkan Pepres nomor 104 2021 di pasal 4 dengan rincian 40% untuk BLT, 20% untuk ketahanan pangan dan hewani dan pertanian, dan 8% untuk penangan Covid-19″ Ungkap Asrul.

Lebih jauh Asrul Sani menjelaskan bahwa pihaknya juga akan memprogramkan ketahanan pangan Pemdes dengan menganggarkan pembelanjaan bibit pala dan pengadaan traktor capung. Namun terkait traktor capung akan di disesuaikan dengan kondisi lahan persawahan yang tidak mudah dijangkau dengan traktor ukuran besar sehingga dengan keberadaan traktor capung ini di harapkan dapat membantu petani bisa mengelola dan menanam tepat waktu..

” Terkait ketahanan pangan Pemdes, ini akan kami programkan tetapi hingga saat ini Pemdes masih mengkonsultasikan ke pihak kecamatan sebelum di tetapkan menjadi APBDes sesuai prosedur penetapan” Jelas Asrul kepada exposetimur, Sabtu (22/01/2022).

Ia melanjutkan bahwa, dari jumlah Dana Desa yang tersisa 32 % tersebut, maka akan banyak pembangunan fisik yang sementara akan tertunda, sehingga di harapkan masyarakat dapat memahami kondisi di tengah pandemi Covid-19 ini, dimana anggaran lebih besar di salurkan untuk program Bantuan Langsung Tunai (BLT)

Baca Juga :   Pasar Masih Buka di Batang, Ini yang Dilakukan Relawan Desa

” Atas nama pemerintah Desa Baruga Riattang mengucapkan permohonan maaf apabila ada kegiatan yang dianggap perlu namun belum dapat di laksanakan. Semoga di tahun berikut dan dengan kebersamaan yang kita bangun, dapat kita direalisasikan” Harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *