Siswa MTS Guppi Possi Tanah Memakai Seragam Hitam Hitam, Ada Apa?

Para siswa MTS Guppi Possi Tanah dengan pakean serba hitam

KAJANG, exposetimur.com | Madrasah Tsanawiyah Guppi Possi Tanah, Kajang, Bulukumba menghimbau siswa, beserta staf pendidik dan tenaga kependidikan agar memakai seragam hitam setiap hari sabtu.

Kebijakan itu dikeluarkan Kepala Madrasah, Wahidin, agar tumbuh semangat mencintai kearifan lokal dan kebudayaan sendiri, yakni Kajang yang identik dengan warna hitam.

Lebih lanjut, penggunaan seragam hitam di setiap hari Sabtu untuk pengenalan kebudayaan di sekolah, dan harapannya siswa dapat menyaring, untuk tidak terlalu terbawa pada budaya asing.

“Untuk beberapa pengetahuan, kita mesti belajar pada Asing, tetapi jangan adopsi kebudayaan mereka sepenuhnya, kita punya kebudayaan sendiri yang tinggi serta luhur,” ungkap Wahidin, Sabtu (19/02/2022).

Wahidin menambahkan, nilai-nilai kebudayaan lokal jika ditelaah lebih jauh, akan senanda dengan nilai-nilai kebudayaan Islam, serta akan lebih menguatkan pendidikan karakter kepada siswa.

“Saling menghargai sesama, berbuat baik kepada semua makhluk, menghargai yang lebih tua, dan menyayangi yang lebih muda, serta merendah atau tawadhu dan selalu mau belajar adalah inti nilai kebudayaan kita dan hal itu senada dengan nilai-nilai Islami,” terangnya.

Guru bahasa Indonesia, MTs Guppi Possi Tanah, Rosminah yang juga adalah wakil kepala Madrasah sedana dengan hal tersebut.

Dirinya sangat berharap, agar pembiasaan mencintai budaya sendiri ini akan berlanjut dan menjadi kekuatan dan ciri khas bagi madrasah.

“Kita berharap kedepannya pembiasaan seperti ini bisa kita pertahankan dan agar banyak yang mengenal madrasah kepada banyak orang,” demikian Rosminah.

Baca Juga :   Battasa Jera', Tradisi Turun Temurun Masyarakat Kajang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *