Antisipasi Krisis Pangan dan Ciptakan Peluang Ekonomi, Pemdes Gantarang Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar

  • Bagikan
Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar di Aula Kantor Desa Gantarang, Selasa (28/06/2022)

SINJAI, exposetimur.com | Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan, Pemerintah Desa Gantarang, Kec. Sinjai Tengah, Kab Sinjai melaksanakan Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar, Selasa (28/06/2022).

Kegiatan yang di gelar di Aula Kantor Desa Gantarang ini di hadiri Bidan Ekonomi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dan pemateri dari Dinas Perikanan serta tenaga Ahli P3MD.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, Pemerintah Desa Gantarang melibatkan kelompok tani, kelompok tani wanita serta kelompok Dasawisma yang nantinya akan mengelola kurang lebih 30 kolam.

Pada kesempatan ini juga di serahkan bibit ikan nila dan bibit lele serta dilengkapi dengan pakan untuk 3 bulan kedepan.

Kepala Desa Gantarang dalam keterangannya kepada media exposetimur mengatakan bahwa selaku pemerintah desa, tentunya harus terus mendorong dan menyambut baik program program yang dinilai dapat memberikan peluang peningkatan ekonomi maupun gizi, Selain itu sebagai upaya menjaga ketahanan pangan, maka perlu diberikan ruang seluas luasnya untuk setiap program yang dapat memberi manfaat kepada masyarakat khususnya di desa Gantarang.

Senada dengan Insan, Fitriah kharina radhy, S.IP dari Dinas PMD mengatakan bahwa diharapkan program pelatihan untuk budidaya ikan tawar ini dapat mengatasi krisis pangan di Desa, khususnya masyarakat kalangan bawa dan juga dapat mengatasi krisis gizi agar dapat mengurangi atau mencegah stunting bagi anak anak.

” Dengan adanya program seperti ini, tentunya sangat kita dukung dan diharapkan dapat mengatasi krisis pangan yang bisa saja terjadi khusunya di Desa Gantarang dan lebih khusu lagi bagi masyarakat yang masih dalam kondisi ekonomi lemah dan juga anak anak yang masuk kategori stunting” Ujarnya.

Sementara pada kesempatan tersebut pemateri dari Dinas Perikanan Miftahul Heri, S.Pi bersama Abd.karim R.S. Pi secara umum menjelaskan proses pemeliharaan ikan tawar dan pembuatan pakan pakan untuk di ketahui para peserta agar nantinya mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga :   Tingkatkan Ekonomi Keluarga, Pemdes Panaikang Berdayakan Ibu Rumah Tangga

Program budidaya ikan tawar ini, selain dapat memenuhi kebutuhan ikan bagi keluarga, juga dapat menjadi sumber ekonomi baru bagi masyarakat melalui suplay rumah rumah makan, sehingga perlu adanya pengetahuan budidaya yang baik demi hasil maksimal maksimal yang akan bermuara pada tingkat kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *