Desa  

Wujudkan Akselerasi Pembangunan, Bupati Majene Harap BPD Bersinergi Dengan Pemdes

MAJENE, exposetimur.com|Desa sebagai bagian terpenting dalam keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) diharapkan menjadi penyangga dan memiliki porsi lebih besar dalam memajukan pembangunan daerah guna menciptakan kemandirian.

Sebagai penyelenggara Pemerintah Desa (Pemdes) Badan Permusyawaratan Desa (BPD) memiliki peran strategis terhadap akselerasi pembangunan di wilayah desa sebagai mitra Pemdes, sehingga BPD diharapkan mampu menumbuh kembangkan ide dan inovatif dalam menjalankan pemerintahan desa.

“Potensi desa dapat dikelola dan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat desa,” tutur Bupati Majene Andi Achmad Syukri setelah melantik BPD Pengganti Antar Waktu (PAW) periode 2019-2025 di Aula Kantor Camat Sendana, Senin (07/11/2022).

Pelantikan ini lanjutnya, merupakan hasil nyata terlaksananya proses demokrasi di desa, yaitu pemilihan anggota BPD PAW di Desa Bababulo, Totolisi, Onang, Temmero’do, dan Desa Banua Adolang. “Sebuah hasil musyawarah sebagai forum tertinggi di desa adalah sebagai penjabaran dari amanah Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa,” jelasnya.

Bupati Majene menegaskan, mengawali tugas anggota BPD diharapkan membangun kerjasama dan bersinergi dengan Pemdes dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab dalam penguatan pembangunan, pemerintahan, pemberdayaan dan kemasyarakatan.

“Selain itu, mempercepat penetapan anggaran pendapatan dan belanja desa tahun anggaran 2023 sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pembangunan Desa dan Peraturan Menteri Desa dan Transmigrasi Nomor 21 Tahun 2020 Tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa. Serta mengoptimalkan fungsi pengawasan BPD sesuai batasan kewenangannya terhadap kinerja Pemdes,” ulasnya.

Bupati Majene mengucap, atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majene, selamat kepada anggota BPD PAW dengan harapan amanah dan kepercayaan senantiasa dapat diemban dengan sebaik-baiknya dengan mengedepankan hati nurani dalam bekerja.

Baca Juga :   Bupati Majene Launching Dashat dan Lakukan Sosialisasi Gizi Seimbang

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada BPD, Kades, Camat, Kepala Dinas PMD Majene, Danramil, Kapolsek serta seluruh stakeholder atas kerja keras dan partisipasinya dalam penyelenggaraan Pemilihan BPD PAW dengan sukses, aman dan kondusif,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *