Sports  

Komunitas TOS X PT. Putra Mahalona Siap Gelar Lomba “Bala Bala”

LUTIM, exposetimur.com|Towuti dikenal sebagai kecamatan yang memiliki 3 danau, yaitu Danau Towuti dan Danau Mahalona dan Danau Tapparang Masapi.

Sebagai kecamatan yang memiliki potensi alam yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari, tak heran dibeberapa desa ditemukan hasil budaya danau diantaranya perahu tradisional (perahu bala-bala)

Perahu tradisional (perahu bala-bala)ini salah satu alat transportasi yang dibuat dengan cara manual dan sederhana berdasarkan ilmu turun-temurun yang dikuasai sejak jaman nenek moyang.

Pada umumnya perahu bala-bala ini terbuat dari kayu dan digerakkan dengan tenaga manusia (dayung)

Di jaman sekarang perahu bala-bala sudah banyak digunakan oleh masyarakat setempat dengan menggunakan tenaga mesin baik untuk nelayan, perkebunan maupun pariwisata, bahkan saat ini digunakan untuk ajang olahraga yakni lomba bala-bala.

Komunitas Timampu Otomatif Sport (TOS) X PT. PUTRA MAHALONA akan menggelar lomba bala-bala, pagelaran ini bertajuk “Bangkitkan semangat pemuda, olahraga, budaya pariwisata, dan ekonomi Desa Timampu (Danau Towuti), Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur.

Kegiatan ini akan berlangsung di Circuit Danau Towuti Desa Timampu Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur pada tanggal 10-12 Februari 2023 mendatang.

Nursalam Tajuddin yang akrab disapa Tato selaku Panitia Lomba saat berbincang dengan Team Work Expose Timur di sekretariat panitia lomba bala-bala, Selasa 31 Januari 2023 menjelaskan bahwa dirinya siap untuk mendukung dan memfasilitasi kegiatan masyarakat yang sifatnya positif dan menggali potensi daerah salah satunya adalah obyek wisata alam pantai lamapu zdesco Desa Timampu”,Katanya.

Lanjut, Nursalam berharap dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, baik itu pedagang kecil dan warga lainnya, selain itu Nursalam menyampaikan bahwa “Buatlah kampung kita ini sebagaimana mestinya agar kelak anak dan cucu kita bisa menikmati daerahnya sendiri”.Ujarnya

Baca Juga :   Nike Invented Self-Lacing Sneakers Because the Future Is Now

Terakhir, Nursalam merincikan, batas tanggal pendaftaran lomba itu sampai tanggal 10 Februari 2022, Hari pertama di adakannya lomba.
Ada 2 kelas :
1. Kelas UNDERBONE, biaya pendaftaran 300 ribu dan
2. Kelas LOKAL, biaya pendaftaran 200 ribu.

Kegiatan ini adalah kegiatan tahunan yang dilaksanakan Komunitas Anak Timampu Otomotif Sport ( TOS) dan merupakan kerjasama antara PT Putra Mahalona serta di dukung oleh pemerintah desa setempat.
Sedangkan total hadiah yang disiapkan Panitia sebesar 45.000.000 juta rupiah”,Tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *