Rumahnya Dibongkar Tentara, Mata Daeng Naning Berkaca-kaca Hingga Tak Mampu Berkata-kata

Bantaeng – Terik matahari yang hampir membakar kulit disertai debu-debu jalanan yang bertebaran, sebuah motor berwarna hijau melaju menuju pegunungan di Kampung Berua Desa Bontotangnga Kecamatan Uluere.

Motor itu dikendarai seorang tentara yang bertugas di Wilayah tersebut Kodim 1410 Bantaeng.

Saat tiba di lokasi, para tentara ini kemudian menyusuri sebuah jalan yang belum beraspal hanya ada bebatuan dan tanah yang kering karna musim kemarau.

Dari jarak yang sudah tidak jauh, nampak sebuah rumah yang sangat tidak layak huni yang ditinggali oleh Daeng Naning seorang laki-laki berusia 70 tahun.

Diketahui Daeng Naning tinggal bersama anak dan cucunya sebanyak tiga kepala keluarga dengan rumah yang hanya berukuran 5X7 meter.

Rumah sekecil itu hanya berlantai tanah, dinding yang sudah reyot, terdapat satu tempat tidur yang nyaris roboh dan alat makan seadanya.

Langkah kaki-kaki tentara memakai sepatu pantofel sudah terdengar memasuki rumah Daeng Naning, menemui para penghuni  anggota keluarga.

Dikatakan Daeng Naning, dirinya sudah tinggal di rumah tersebut selama belasan tahun bersama tujuh orang anak cucunya yang sudah berkeluarga.

Mendengar cerita Daeng Naning dan melihat langsung kondisi rumah tersebut, tentara dari Kodim 1410 bersepakat bahwa rumah tersebut menjadi sasaran RTLH sehingga harus dibongkar untuk dilakukan rehab.

Mata Daeng Naning nampak berkaca-kaca hingga tak mampu berkata-kata mendengar ucapan tentara dari Kodim 1410, haru campur bahagia, begitupula anggota keluarga memperlihatkan senyum sumringah secerah matahari siang itu.

Daeng Nanning

Pada Rabu 20 September 2023, Dandim 1410 Bantaeng Letkol Inf Eka Agus Indarta, S.Psi., M.Psi melakukan kunjungan RTLH bersama unsur Forkompinda sebagai bagian dari sasaran fisik program TMMD ke-188.

Baca Juga :   Akibat Hujan Deras, Rumah Warga di Kolaka Terbawa Arus Banjir

Sebelumnya TMMD ke-188 telah dibuka secara resmi pada hari yang sama di Lapangan Takkang Bassia Sinoa, Kecamatan Uluere.

Kegiatan TMMD (TNI Manunggal Masuk Desa) adalah sebagai wujud dari kemanunggalan TNI dan Rakyat dalam bentuk operasi Bhakti yang dilaksanakan bersama-sama seluruh komponen masyarakat termasuk pemerintah daerah.

Bupati Ilham Azikin saat menjadi Irup Upacara TMMD mengungkapkan hal tersebut telah sejalan dengan strategi pembangunan yang dijalankan oleh pemerintah Kabupaten Bantaeng yang menginginkan keikutsertaan masyarakat dalam setiap aktivitas pembangunan.

Saat progres pelaksanaan, Letkol Inf Eka Agus Indarta, S.Psi., M.Psi tetap melakukan kunjungan guna untuk meninjau progres dan melihat kendala-kendala selama pengerjaan.

Tampak masyakarat sekitar antusias membantu pengerjaan rehab RTLH yang dilaksanakan oleh TNI serta sinergitas Polri yang senantiasa terjaga.

Setelah pengerjaan selama sebulan, rumah berdinding reyot dan beralaskan tanah kini menjadi rumah batu berukuran 5X9 dengan isi rumah yang lebih cukup serta kebersihan yang terlihat sehat dan indah untuk dipandang.

Setelah dilakukan rehab
Rumah Daeng Nanning setelah dilakukan rehab oleh TNI

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *