RSUD Majene Tanggapi Siaran Langsung Pasien Sedang di Borgol

Foto Pihak pengamanan (Security) RSUD Majene

RSUD Majene Tanggapi Siaran Langsung Pasien Sedang di Borgol


Majene, exposetimur.com|Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Majene, menanggapi perihal siaran langsung pasien yang diborgol, Rabu 31 Januari 2024.

Pasien inisial F diketahui masuk diruang IGD RSUD Majene, Senin 29 Januari 2024 pada pagi hari. Pasien yang beralamat Lembang Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene dengan kondisi Low Back Pain (Nyeri Punggung Bawah).

Setelah dipindahkan keruang perawatan, dokter langsung memeriksa pasien dan menyarankan melakukan USG Abdomen serta dianjurkan puasa makan tapi diperbolehkan minum.

Keesokan harinya, tim radiologi RSUD Majene menghubungi perawat agar pasien tersebut di bawa ke ruang radiologi untuk di USG Abdomen.

“Saat mau diambil sampel urinnya, pasien inisial F rupanya sudah terlanjur kencing di pagi harinya. Nah, disitulah mulai muncul permasalahan,” ungkap Kepala KTU RSUD Majene, Kamis 1 Februari 2024.

Kemudian untuk memaksimalkan hasil USG pasien. Perawat sarankan agar mengkonsumsi banyak air dan pasien sendiri seperti tidak ingin mendengarkan petunjuk pihak RSUD Majene.

“Mungkin saja, saat pasien terus menerus diminta untuk konsumsi banyak air tidak menerima dan sontak meminta pulang dengan permintaan sendiri,” ujarnya Ibrahim.

Saat kejadian itu, dokter sendiri telah memberikan edukasi secara komprehensif kepada pasien agar dapat memahami tujuan dilakukan USG tersebut.

“Tetapi, pasien inisial F tetap meminta pulang walaupun telah dilakukan edukasi beberapa kali,” terangnya.

Saat pasien inisial F tetap memaksa keluar, petugas RSUD Majene meminta pihak keluarga untuk bertanda tangan sesuai prosedur di RSUD Majene.

“Apabila meminta untuk keluar dengan kemauan sendiri. Namun pasien tidak melalukan hingga terjadi upaya antisipasi (mencegah) oleh satpam,” terangnya.

Sementara saat hendak dilakukan pencegahan, pasien mengamuk seakan tidak menerima dicegah. Padahal hal itu dilakukan karena ingin dilepas infus dan meminta pihak keluarga menandatangani surat permintaan keluar tersebut.

Baca Juga :   Memasuki Hari ke 21 Puasa, Personil Kodim 1410/Bantaeng Kembali Berbagi Takjil

Kata Saleh, kami memborgol karena situasi dan kondisi saat kejadian tidak memungkinkan lagi, dan di lakukan di dalam ruangan pos security dengan persetujuan keluarga pasien.

“Jadi keluarga pasien meminta untuk tidak dilepas borgolnya, nanti tiba dirumah baru dilepas, dan berselang beberapa jam keluarga datang kembali ke RSUD mengembalikan borgol,” jelas petugas satpam RSUD Majene.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *