Hari Lahir Pancasila Momentum Pemerintah Serius Membumikan Ideologi Bangsa

1 Juni, Hari Lahir Pancasila

JAKARTA, exposetimur.com –  Dewan Pengurus Nasional Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia mendorong Penyelenggara Negara untuk serius dalam membumikan Pancasila.

Adapun yang harus dilakukan adalah mengembalikan Pendidikan Pancasila dalam dunia Pendidikan Indonesia baik sejak usia dini hingga pendidikan tinggi, yangmana Pendidikan Kewarganegaraan atau Civic telah diajarkan di dunia pendidikan.

Selama ini banyak sekali pemaparan tentang ancaman radikalisme, ekstrimisme namun hingga saat ini tidak ada solusi konkret dalam pembumian Pancasila terutama dalam arus vital kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu melalui jalur pendidikan.

Selain itu sebagai Dasar Negara Pancasila harus menjiwai segenap penyelenggara negara oleh karenanya adalah suatu hal yang wajib adanya pembinaan mental dan Ideologi kepada Aparatur Sipil Negara, Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja dan Pegawai Badan Usaha Milik Negara.

Dewan Pengurus Nasional Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia mendorong Badan Pembinaan Ideologi Pancasila melaksanakan program tersebut. Namun terkait dengan program-program untuk rakyat tentulah tidak tepat bila bersifat doktrin namun bersifat, edukasi, apresiasi dan program pemberdayaan yang aplikatif sesuai dengan nilai yang terkandung dalam Pancasila yang tentunya adalah budaya gotong royong sehingga Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia bisa terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari.

[#dpn isri]

Baca Juga :   1 Juni, Sebuah Momentum Ataukah Hanya Sebuah Seremonial Belaka ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *