Desa  

Kacang Mente Olahan BUMDes Kelompok Mawar Jadi Oleh – Oleh Khas Selayar

Kacang mente olahan BUMDes Kelompok Mawar Desa Tamalanrea Kecamatan Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar ||handover

SELAYAR, exposetimur.com – Berkah Dana Desa yang dikelola BUMDes Kelompok Mawar sejak April 2019 mulai memproduksi kacang mente. Kelompok Mawar ini adalah salah satu kelompok yang tergabung dalam BUMDes Semangat Baru Desa Tamalanrea Kecamatan Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar, kelompok Mawar beranggotakan 9 orang di Ketuai oleh Hartini.

Kelompok ini setiap harinya memproduksi kacang mente , hasil produk kacang mente ini rata-rata d jual di Selayar sendiri tetapi sudah banyak juga yang pesan dari luar Selayar. Produk kacang mente, selain ada yang masih mentah juga ada yang sudah siap konsumsi dengan berbagai macam rasa, ada rasa Keju Manis, rasa Balado dan Balado Pedas Manis.

Kelompok ini dalam memproduksi kacang mente menggunakan alat pembelah mente hasil dari bantuan pemberdayaan Pemerintah Desa Tamalanrea.

Ada beberapa tahapan dalam proses pengolahan kacang mente. Pengeringan/penjemuran biji mente membelah kulit biji mete/pengacipan, pelepasan kulit ari biji jambu mete , penjemuran dan pengeringan hasil olahan serta penyortiran kacang.

Afdal Patta, sebagai Pendamping Lokal Desa, memiliki tanggung jawab untuk tetap mendampingi Desa dalam mengembangkan usaha BUMDesnya.

“Saya ingin usaha BUMDes ini tetap berjalan melihat setiap tahunnya hasil produksi jambu mente petani di Desa Tamalanrea cukup melimpah. Sehingga bahan baku untuk memproduksi kacang mente sangat tercukupi,” harap Afdal Patta.

Lanjut, Afdal Patta juga berharap semoga Pemerintah Kabupaten melihat potensi ini dan menjadikan Desa Tamalanrea menjadi sentra pengolahan kacang mente di Kepulauan Selayar.

“Terlepas dari itu, saya berharap Pemerintah Kabupaten melihat potensi ini dan menjadikan Desa Tamalanrea menjadi sentra pengolahan kacang mente di Kepulauan Selayar,” tutup Pendamping Lokal Desa ini.

Jika mau memesan produk kacang mente bisa menghubungi ibu Hartini Tlp/WA 081244955758/085656913699 atau Afdal Tlp/WA 081241233130

Baca Juga :   150 KK Terima BLT DD Tahap II di Desa Barugariattang, Aparat Kunjungi Yang Sakit

[il/red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *