Ragam  

Ketua IKA IPMIL Raya: Papua Mekar’ Luwu Raya Juga!

Agenda Temu alumni IKA IPMIL Raya beberapa waktu lalu

PALOPO, EXPOSETIMUR.com _ Pemerintah melalui Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, memastikan akan memekarkan wilayah Papua Selatan. Meski ada moratorium pemekaran, kata dia, tetapi karena ada kekhususan dan aspirasi masuk dari Papua, maka pemerintah pun mulai menjajakinya.

Keistimewaan yang diberikan kepada Papua Selatan tersebut memantik reaksi dari ketua IKA IPMIL RAYA’ DARSAN DAPPY. Menurutnya, jika Papua bisa dimekarkan, maka Prov Luwu Raya juga bisa. ” Luwu Raya juga bisa mekar. aturan yang menentukan,” kata KETUA IKA IPMIL RAYA Kamis (31/10/2019).

Tokoh masyarakat, aktivis dan Tokoh politik sudah sangat lama menyuarakan terbentuknya Provinsi Luwu Raya. Alasannya, dengan terbentuknya provinsi maka kekayaan alam yang terkandung di Tana Luwu bisa dikelola sendiri.

Perjuangan Provinsi Luwu Raya ini sudah digaungkan sejak puluhan tahun lalu oleh tokoh-tokoh di daerah ini. Namun, niat tersebut terganjal dengan morotarium yang dikeluarkan pemerintah pusat.

Negara ini tidak boleh diskriminatif, terkhusus Luwu Tengah untuk menjadi sebuah Daerah Otnomi Baru (DOB) kalau itu sebagai persyaratan terbentuknya prov Luwu Raya”. tandasnya. (ANDRI)

Baca Juga :   Pesta Rakyat Dirangkaikan MTQ Tingkat Dusun akan Digelar di Desa Sukamaju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *