Tingkatkan Ekonomi Keluarga, Pemdes Panaikang Berdayakan Ibu Rumah Tangga

  • Bagikan
Para ibu ibu rumah tangga mengikuti pelatihan jahit menjahit di kediaman Kepala Desa Panaikang

SINJAI, EXPOSETIMUR.COM _ Dalam rangka peningaktan kapasitas perempuan di wilayah Desa Panaikang, Kecamatan Sinjai Timur, Pemerintah Desa terus berupaya melakukan upaya dalam memberikan pelatihan keterampilan bagi ibu ibu rumah tangga di Desanya.

Melihat potensi yang ada,  keterampilan jahit menjahit di nilai cukup memiliki peluang jangka panjang, sehingga Pemerintah Desa Panaikang kemudian melakukan kerjasama dengan penjahit dari Kabupaten untuk melatih warganya.

Pelatihan kemudian berjalan, dimana sebelumnya dilakukan pelatihan tahap pertama di ikuti sebanyak 17 orang yang terbagi 3 kelompok penjahit. Dari ketiga kelompok tersebut, 2 kelompok sudah mulai berkembang dan 1 kelompok lainnya baru menerima orderan jahitan dari sekitar rumah mereka.

“Jadi ini model pemberdayaan melalui pelatihan menjahit, tahap pertama 3 kelompok, dan masing-masing telah kami berikan bantuan mesin jahit dan 1 kelolmpok kami bantu mesin obras” Ujar Bahtiar, yang dikonfiramsi, Kamis (28/11/2019)

Melihat perkembangan tahap pertama, Pemdes Panaikang kemudian kembali membuka pelatihan tahap kedua yang di ikuti 3 kelompok lagi, dan sampai saat ini, pelatihan masih sementara berlangsung di rumah Kepala Desa Panaikang.

” Alhamdulillah, tahap pertama cukup baik perkembanganya, jadi kami lanjutkan lagi tahap ke dua. Hal ini kami lakukan untuk membantu pendapatan rumah tangga mereka, minimal tidak ada lagi pengeluaran hanya untuk menjahit pakaian mereka dan kelurganya, sehinnga uang untuk biaya menjahit pakaian mereka itu, bisa digunakan untuk hal-hal lain yang lebih penting” terangnya.

(red)

Baca Juga :   Kapolri Pastikan Awasi Alur Distribusi dan Harga Minyak Goreng di Pasar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *