Budaya  

Reli Panjang Gelar Putri Muslimah, Kini Latifa Kembali Menyandang Gelar Dara Pendidikan Pangkep

Penyerahan piala Juara 1 pada pasangan Latifa Tulnafsi sebagai Darah Pendidika dan Farizky sebagai Deang Pendidikan pekan lalu

PANGKEP, EKSPORTIMUR.COM _ Perjalanan panjang karir Latifa Tulnafsi dalam menyandang dua gelar, merupakan suatu prestasi luar biasa. Hal tersebut dapat dibuktikan usai menyandang gelar sebagai Putri Muslimah, Kini ia kembali meraih gelar Dara Pendidikan Kabupaten Pangkep.

Latifah Tulnafsi atau biasa di sapa dengan Latifah, Lahir di Mandalle, 07 Juni 2000, beragama Islam. Ia menempuh jenjang pendidikan di mulai dari Sekolah Dasar 20 Mandalle, kemudian di MadrasahTsanawiyah Galla Raya, dilajutkan di Madrasah Aliya (MA) Darul Kamal dan sekarang menempuh pendidikan tinggi di Politeknik Pertanian Negeri Pangkep.

Perjuangan mencapai Putri Muslimah sangatlah tidak semudah membalikkan telapak tangan ditambah lagi dengan karir yang baru sebagai penyandang Dara Pendidikan bersama pasangan Daeng Pendidikan yakni Farizky. Dari sekian banyaknya peserta dari beberapa Kecamatan yang ada di Pangkep, Latifa Tulnafsi ahirnya keluar sebagai juara sebagai Darah Pendidikan dan Farizky sebagai Daeng Pendidikan.

Pemilihan Darah Pendidikan tersebut, di ikuti sebanyak 30 Peserta, namun setelah melalui beberapa tahapan, satu persatu dinyatakan gugur, dan hanya pasangan Latifa Tulnafsi yang bertahan dan dinyatakan sebagai juara.

Diketahui, Pemilihan Dara & Daeng Kab. Pangkep ini dilaksanakan oleh Ikaraeng DPC Kab. Pangkep yang dibina, H. Muhammad Yusran Lalo Gau, S.Pi, M.Si dan di Ketuai,  Sandi Kurniawan.

Ikaraeng DPC Pangkep dinaungi oleh Ikaraeng Sulsel (Ikatan Dara & Daeng Sulawesi Selatan) yang dimana kegiatan ini juga dinaungi oleh 3 Dinas yaitu:

1. Dinas Pendidikan
2. Dinas Pariwisata
3. Dinas Lingkungan Hidup

Dalam meraih gelar Darah Pendidikan tersebut tidaklah mudah, karena harus mebgikuti tahapan jadwal kegiatan yang cukup panjang.

Demikian tahapannya:

  1. Pertemuan Awal seluruh peserta November 2019
  2. Technical Meeting 8 November 2019
  3. Tes tertulis dan Interview 9 November 2019
  4. Penampilan Bakat 10 November 2019
  5. Latihan Koreo 16-17 November 2019
  6. Photo Shoot 21-22 November 2019
  7. Pembekalan (Penerimaan Materi) 23-24 November 2019
  8. Grand Final 30 November 2019.

Sementra Juri pada pemilihan Dara & Daeng ini adalah:

1. Duta Pendidikan Sulsel 2019 (Putra)
2. Duta Pendidikan Sulsel 2019 (Putri)
3. Istri Pembina Ikaraeng Pangkep
4. Ketua Ikaraeng Sulsel (Rahmat Alvian., S.Kom)
5. Desainer Ibu Mahdalia Makkulau
6. Desainer Asdar Habib.

Pada Malam grand final, setelah opening dance dan juga opening number, panitia kemudian mengumumkan nama yang berhak masuk ke top 8 (8 Besar), top 8 ini adalah akumulasi dari nilai selama mengikuti pemilihan, dimulai dari pertemuan awal sampai malam grand final, yang meliputi, (Tes tertulis 30%), (Tes bakat 20%), (Keaktifan 10%) dan (Interview / atitude 40%).

Baca Juga :   Peringati Hardiknas 2021, Sanggar Budaya Manggarai-Makassar Gelar Pementasan Caci dan Dialog Kebudayaan

Setelah diumumkan top 8 untuk masuk ke top 5, peserta kemudian harus melakukan orasi perorangan yang sebelumnya, seluruh peserta sudah diberikan tema orasi oleh panitia. Sehingga masing-masing peserta kemudian membuat orasi berdasarkan tema tersebut, selajutnya mereka tampil secara bergantian.

“Setelah pengumuman masuk dan finalis yang berhasil masuk top 5, kemudian mengganti busana dengan busana yang telah disediakan oleh panitia dari desainer ibu Mahdalia Makkulau, pada sesi top 5 peserta mencabut nomor untuk diberikan pertanyaan dan dinilai oleh dewan juri siapa yang berhak masuk ke top 3. Selanjutnya, setelah pengumuman masuk ke top 3, finalis yang berhasil masuk, kembali berganti busana dengan baju yang di desain oleh pak Asdar Habib, pada sesi ini, kami bertiga diberikan satu pertanyaan yang sama, namun ketika salah satunya menjawab, peserta yang lain akan ditutup telinganya agar tidak mendengarkan jawaban teman” Jelas Latifa.

“Dalam semua rangkaian proses ini, satu kesyukuran dalam diri saya bahwa saya terpilih pada tanggal 1 Desember 2019 sebagi Dara Pendidikan Kabupaten Pankep, dan bukan hanya sampai disini,  saya akan selalau berusaha memberikan  yang terbaik untuk semua, yang saya harap bisa menjadi inspirasi untuk perempuan-perempuan yang masih menempuh pendidikan di Kabupaten Pengkajene dan Kepulauan” Pungkas Latifa, Minggu (08/12/2019).

Berikut nama nama Pemenang dari kegiatan ini

Juara 1

⁃ Daen Pendidikan Kab. Pangkep 2019 (Muhammad Farizky Alim) SMA 11 Pangkep
⁃ Dara Pendidikan Kab. Pangkep 2019 (Latifah Tulnafsi) Politeknik Pertanian Negeri Pangkep

Juara 2
⁃ Daeng Pariwisata Kab. Pangkep 2019 (Muhammad Taslim) SMA 11 Pangkep
⁃ Dara Pariwisata Kab. Pangkep 2019 (Windy Fatikasari) SMA 11 Pangkep

Juara 3
⁃ Daeng Lingkungan Hidup Kab. Pangkep 2019 (Aldy Putra) Universitas Muslim Maros
⁃ Dara Lingkungan Hidup Kab. Pangkep 2019 (Natasya Titania) SMA 11 Pangkep

(Andika Asb).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *