Wujudkan Produktifitas Dalam Bekerja, Dinkes Buton Gelar Tes Kebugaran Bagi ASN

  • Bagikan
Dinkes Buton Gelar Tes Kebugaran Bagi ASN
Dinkes Buton Gelar Tes Kebugaran Bagi ASN

BUTON, exposetimur.com _ Sebanyak 71 peserta melakukan tes kebugaran yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kabupaten Buton. Tes kebugaran yang dilaksanakan di Eks Kantor Bupati Buton, Pasarwajo tersebut terdiri Polisi Pamong Praja, Bappeda, Tenaga Kesehatan (Nakes) Puskesmas Banabungi, Wakaokili, Jumat, 8 Oktober 2021.

“Kesehatan kerja dan olahraga adalah suatu upaya yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan pekerja dan kapasitas kerjanya serta mencegah terjadinya gangguan kesehatan akibat faktor resiko pekerjaan,” Terang Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buton, Alimani, S. Sos., M.Si saat pelaksanaan kegiatan Pengukuran Kebugaran ASN Kabupaten Buton.

Asisten Administrasi Tata Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Buton ini mengatakan, Aparatur Sipil Negara merupakan pekerja dengan usia produktif yang membutuhkan kebugaran jasmani yang baik dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Dikatakannya, untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani perlu dilakukan pengukuran kebugaran jasmani ,pengukuran ini bertujuan meningkatkan kebugaran ASN dalam mewujudkan ASN yang produktif serta penerapan gaya hidup sehat.

Tes kebugaran diawali pemeriksaan awal yang meliputi pemeriksaan tekanan darah, denyut nadi, pengukuran tinggi dan berat badan, kadar kolesterol, gula darah, serta asam urat.

Pemeriksaan kebugaran jasmani ini lanjut Asisten 1 dapat dilakukan minimal dua kali dalam rentang waktu tiga bulan. Dengan metode Rockpot atau tes jalan dan lari kecil sepanjang 1,6 kilometer tanpa berhenti.

“Metode ini cukup relatif aman bagi orang yang memiliki resiko penyakit dan juga bisa dilakukan tanpa alat bantu serta dilakukan perorangan maupun kelompok. Kegiatan ini juga diupayakan menjadi agenda rutin guna meningkatkan upaya kesehatan masyarakat pada umumnya khususnya ASN,” katanya.

Baca Juga :   Relawan Covid-19 Bersama PMI Sinjai Lakukan Penyemprotan Disenfektan Di Desa Tongke-tongke
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: