Peringatan Dini Tsunami Berakhir, BMKG Imbau Warga Waspada Gempa Susulan

NTThttp://exposetimur.com Peringatan dini tsunami akibat gempa bumi berkekuatan M7,5 pada hari ini, Selasa (14/12/2021) yang terjadi di Laut Flores yang sempat membuat banyak orang merasa ketakutan telah berakhir.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati.

“Hingga pukul 13.20 yang saat ini kita sudah pukul 13.24 WITA, atau 2 jam setelah gempa bumi, tidak terdeteksi adanya kenaikan muka air laut lagi, maka peringatan dini  tsunami telah berakhir,” jelasnya dalam konferensi pers, Selasa (14/12).

Dia menjelaskan, gempa bumi tektonik dengan kekuatan 7,5 terjadi di Laut Flores yang berpotensi tsunami tersebut terjadi pada pukul 11.20 menit WITA.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini terjadi akibat adanya patahan geser,” jelasnya.

“Atau dirasakan oleh banyak orang di dalam rumah di siang hari. Juga dirasakan di Tambolaka, Waikaboak, Waingapu, dengan kekuatan guncangan intensias III skala MMI, yaitu getaran dirasakan nyata di dalam rumah, terasa seakan-akan seperti getaran truk yang berlalu.” lanjutnya.

Menurutnya, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini berpotensi tsunami dengan tingkat ancaman waspada, artinya maksimum ancaman tsunami setinggi setengah meter.

 

Baca Juga :   Bocah 2 Tahun Anak Kadus Mampua Jadi Korban Tabrak Lari, Plat Mobil Berhasil Terbaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *