Programkan Desa Digital, Warga Kambuno Akan Mengurus Dokumen Dari Rumah Melalui Android

Saat pemasangan anjungan oleh tim dari Digidesa bersama Kepala Desa Kambuno (Syahrullah) beberap hari lalu.

Bulukumba, exposetimur.com | Kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi dalam hal administrasi dan pengurusan yang serba mendesak di hampir semua tingkatan pelayanan, baik pusat maupun daerah bahkan sampai ke pelosok desa, tentu memerlukan langkah kongkrit dalam menjawab kebutuhan tersebut

Sekaitan dengan kebutuhan kemudahan pelayanan administrasi inilah, Pemerintah Desa Kambuno, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, kemudian mencoba menjawab persoalan tersebut melalui penerapan menerapkan program aplikasi yang berbasis digital yang nantinya akan memudahkan masyarakat dalam pelayanan administrasi.

Cara kerja aplikasi ini nantinya akan mempermudah warga untuk mengurus dokumen atau berkas berkas yang akan mereka buat melalui aplikasi digital ini. Masyarakat bisa mengakses dimana saja dan kapan saja selama jaringan internet masih tersedia.

Kepala Desa Kambuno “Syahrullah Syam” terus berupaya menggenjot perangkat desa digital ini, mulai dari pengadaan perangkat hingga mempelajari pengoperasian aplikasi ini dimulai dari staf, dengan harapan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam mengakses atau menggunakan aplikasi desa digital ini.

” Upaya yang kita lakukan adalah bentuk pelayanan dalam memudahkan warga Kambuno, apalagi kita tidak akan bisa pungkiri era digitalisasi semakin maju kedepan, sehingga kita berharap aplikasi desa digital ini akan semakin cepat tersosialisasi, baik pengoperasian pada staf maupun penggunaan di masyarakat” Terang Syahrullah Senin (07/02/2022).

Senada dengan Ismail dalam keteranganya mengatakan “Kedepannya warga bisa membuat suratnya dimana saja bahkan dirumah pun bisa, jadi mereka tidak repot-repot lagi ke Kantor desa tapi cukup menginput datanya di Android masing-masing. Setelah itu, mereka bisa cetak dimana saja”. Ungkap Kasi Pelayanan Desa Kambuno ini.

Salah seorang warga Desa Kambuno mencoba layanan aplikasi Digidesa

Di era globalisasi dan serba digital ini manusia tidak bisa menghindari dari kebutuhan internet. Bagian dari inilah membuat perangkat desa Kambuno untuk mengadakan program yang berbasis digital. Lalu kapan aplikasi ini bisa digunakan.? sebenarnya saat ini sudah bisa namun beberapa hal yang harus dipertimbangkan dulu, perlu diketahui bahwa aplikasi ini bekerja secara otomatis berdasarkan sistem dan data. Aplikasi ini juga harus mendapatkan persetujuan dari dinas terkait untuk bisa digunakan, seperti Capil, Camat, KUA dan instansi terkait lainnya.

Baca Juga :   Bertemu Para Kades, Bupati Sidrap Intruksikan Kominfo Fasilitasi Semua Desa Terkoneksi Internet

Aplikasi ini tidak hanya berbasis surat-menyurat tapi semua data dan kebutuhan penduduk bisa mereka akses contoh yang menarik adalah tersedianya market place atau toko online pada aplikasi ini, cara kerjanya asama seperti toko online sekarang. Warga bisa membuat toko dan memasang harga dan informasi mengenai barang yang dijual. Lalu bagaimana warga bisa menggunakannya.? Cukup download aplikasi digedesa di playstore lalu buat akun dan masukkan data Anda untuk memastikan bahwa anda benar-benar terdaftar sebagai warga desa Kambuno. Pilih menu yang anda butuhkan lalu simpan file yang sudah dibuat.

” Jika anda terkendala dalam menggunakan Aplikasi ini, bisa hubungi operator atau datang langsung ke Kantor desa Kambuno.”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *