Ragam  

Ragam Kegiatan KUA Bulukumpa di Bulan Suci Ramadahan 1443 H di Ulas Tuntas

Ahmad Ridha, S.Ag. MH, Kepala KUA Kecamatan Bulukumpa

BULUKUMBA, exposetimur.com | Memasuki bulan Suci Ramadhan, Kantor Urusan Agama terbilang kelembagaan paling sibuk dengan berbagai agenda kegiatan, Hal tersebut dikarenakan Bulan Ramdhan merupakan bulan kebesaran bagi umat beragama dalam hal ini Agama Islam, Berbagai kegiatan pun dilaksakan mewarnai bulan penuh berkah ini, khususnya di wilayah kerja KUA Bulukumpa.

Bulan Suci Ramadahan pula merupakan momentum yang sangat baik bagi semua umat, bukan hanya umat muslim tetapi juga buat agama lain pasalnya, kebutuhan persiapan lebaran tentu berkaitan dengan semua pihak baik produsen, distributor dan penikmat, kesemuanya tentu tidak dengan satu agama, namun dapat meraih berkah dari berbagai kebutuhan bulan puasa hingga lebaran.

Dalam memaknai berkah untuk seluruh umat manusia tentu sangat sejalan dengan teman seragam dari rangkaian Safari Ramadhan yang dilaksanakan Kantor Urusan Agama KUA Bulukumpa di seluruh Masjid yang ada di kecamatan ini yakni “Kerukunan Umat Beragama Kebhinekaan”

” Makna terma tersebut dalam bahasa araf wazafiah yang artinya berada ditengah-tengah, untuk menjaga keberagaman sehingga kita dapat hidup rukun dengan tetap menghargai aqidah masing-masing, itulah inti dari kata Kebhinekaan” Terang Ahmad Ridha di ruang kerjanya, Rabu (27/04/2022).

Lebih lanjut KUA Bulukumpa Ahmad Ridha, S.Ag. MH menjelaskan bahwa, tim safari Ramadhan Kecamatan Bulukumpa terdapat 30 orang yang di bagi dua tim. TIm I di pimpin Camat Bulukumpa bersama kasi pemerintahan dan Koramil, sementara tim II di pimpin langsung KUA Bulukumpa bersaman kasi trantib dan Polsek Bulukumpa.

Dalam kegiatan Safari Ramadhan ini, Tim I, memiliki wilayah tugas antara lain ; Kel. Tanete, Kel. Jawi jawi, Desa Berlangpesoang, Desa Baruge, Desa Bonto Minasa, Desa Batulohe, Desa Tibona,, Desa Barugariattang dan Desa Kambuno,

Baca Juga :   KUA Bulukumpa Tindak Lanjuti Aturan Baru Usia Pernikahan

Tim 11 meliputi : Kel. Ballasaraja, Desa Sapobonto, Desa Bonto Bulaeng, Desa Bulo Bulo, Desa Salassae, Desa Bonto Manggiring dan Desa Jojjolo

Ahmad Ridha menambahkan bahwa , selain safari ramadhan, dan masih bulan yang sama, pihaknya juga mengikuti kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an di Dusun Bambaungang, Desa Balangtaroang, Selain itu juga pelaksanaan kegiatan sosialisasi penyaluran zakat dan infak dari 11 penyuluhan yang telah di berikan tugas.

” Dalam bulan’ Ramadan kita cukup banyak kegiatan, selain Safari Ramadhan, kita juga ikuti kegiatan Musabaqah, sosialisasi pengumpulan dan pendistribusian zakat mall dan zakat fitrah, agenda khatam Qur’an di Majelis Taklim Desa Tibona, serta Pengukuhan Majelis taklim di beberap tempat di wilayah desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Bulukumpa” Ulas KUA.

Informasi terkait persiapan pelaksanaan shalat Idul Fitri di seluruh Masjid atau lapangan desa yang ada di Kecamatan Bulukumpa, dipastikan semua akan berjalan dengan baik, dan data yang di dapatkan exposetimur sampai berita ini dirilis, sudah masuk tahap 95%..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *