Upaya Pembinaan Mental, 25 Personil Kodim 1410 Safari Subuh Bersama Dandim

  • Bagikan

Bantaeng, Exposetimur.com | Pembinaan Mental yang dilakukan Dandim 1410 Bantaeng Letkol Arm Gatot Awan Febrianto, S.Sos., yakni melaksanakan Sholat Subuh berjamaah bersama personil Kodim 1410 Bantaeng di Musholla Ar Rochani Kompleks Rumah Jabatan Jalan Raya Lanto Kelurahan Pallantikang Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng (Kamis, 22/09/2022)

Sholat subuh berjamaah diikuti berkisar 25 personil Makodim 1410 Bantaeng yang berdomisili di wilayah Kabupaten Bantaeng, Sholat subuh berjamaah dilaksanakan tiap hari Senin dan Kamis di sela-sela kegiatan safari subuh Dandim 1410 Bantaeng ke Desa-desa/Kelurahan di wilayah Kabupaten Bantaeng, kegiatan tersebut merupakan program unggulan Komandan Kodim dalam hal pembinaan mental Prajurit.

Komandan Kodim asal Grobogan ini sejak resmi menjabat membuat progam unggulan yakni dengan melaksanakan safari subuh sekaligus sholat subuh berjamaah dengan warga Bantaeng dan setiap selesai sholat subuh selalu memberikan pencerahan serta arahan sekaligus ajakan kebaikan.

Diawal arahan Komandan Kodim menceritakan suatu kisah saat Rasulullah SAW menaiki Tangga mimbar para sahabat mendengar Rasulullah SAW mengucapkan Amien 3 kali lalu para sahabat bertanya ada apa ya Rasulullah lalu Rasulullah SAW menjawab saat ini Malaikat Jibril berdoa” Salahsatu doa malaikat Jibril “Ya Allah ya Rabb jangan engkau terima amal ibadahnya anak yang berdosa kepada kedua orangtuanya”

Lebih lanjut Komandan Kodim memimpin doa dan mengajak para jama’ah untuk mendoakan para kedua orang/mertua yang masih hidup maupun yang sudah meninggal karena salahsatu Dosa yang besar adalah dosa kepada orangtua” tuturnya.

Suatu ketika sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW “ya Rasulullah bagaimana caranya untuk membuat Allah SWT tersenyum” Rasulullah SAW menjawab berbuat baiklah kepada kedua orang tua buatlah mereka tersenyum”

Suatu kisah seorang anak yang berbakti kepada ibunya ialah “Uwais Al-Qarni merupakan seorang pemuda yang tidak terkenal, miskin, dan memiliki penyakit kulit. Tak ada orang yang mengenalnya bahkan namanya pun tak pernah dikenal. Namun ia merupakan pemuda yang pernah disebut oleh Rasulullah SAW sebagai pemuda yang sangat dicintai oleh Allah dan terkenal di langit.

Baca Juga :   Camat Bulukumpa Minta Kades Ajak Warganya Bawa Suporter ke Stadion Mini Bulukumba

Uwais yang punya keinginan untuk memenuhi keinginan ibunya untuk melaksanakan haji, uwais terus berpikir untuk mencari jalan keluar agar ibunya bisa berangkat ke Tanah Suci. Kemudian, dibelilah seekor anak lembu dan Uwais membuat kandang di puncak bukit. Setiap pagi ia bolak-balik menggendong anak lembu itu naik turun bukit. Banyak orang yang menganggap aneh tindakan Uwais tersebut.

Setelah 8 bulan berat Lembu Uwais telah mencapai 100 kilogram. Saat tiba musim haji, Uwais merasa otot-ototnya sudah kuat dan siap mengangkat beban berat. Dia pun menggendong sang Ibu dari Yaman ke Makkah untuk menunaikan ibadah haji.

Pada kesempatan ini Saya selaku Komandan Kodim mengajak para jamaah untuk senantiasa memiliki rasa cinta kepada Rasulullah SAW, Salahsatu Kisah  yang membuktikan bahwa Rasulullah SAW sangat cinta kepada ummatnya suatu ketika Baginda Rasulullah SAW berjalan bersama sahabatnya Sayyidina Abu bakar tiba-tiba melihat seorang ibu menggendong anaknya, Lalu Baginda Rasulullah SAW, bertanya kepada sahabatnya Sayyidina Abu Bakar bagaimana perasaan ibu itu ketika anaknya di lempar kedalam api, Sahabat menjawab sakit perasaan seorang ibu sakit begitu pun perasaanku ketika ada satu orang ummatku di lempar ke Neraka”

Dihadapan para jama’ah Dandim 1410/Btg mengajak jama’ah untuk senantiasa tetap Istiqomah dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT, apalagi sholat subuh berjamaah karena keutamaan sholat subuh berjamaah sangat besar “Pahala sholat subuh berjamaah sama dengan sholat sepanjang malam” ucapnya

Diakhir arahan Dandim 1410 Bantaeng mengajak personil Kodim 1410 Bantaeng untuk senantiasa munculkan rasa cinta didalam hati kita masing-masing terhadap Rasulullah Muhammad SAW dengan senantiasa perbanyak bersholawat dengan penuh rasa cinta sehingga Qolbu kita tersambungkan kepada Rasulullah Muhammad SAW dengan berharap kelak di akhirat mendapatkan syafaat nya” ajaknya

“Apapun kesibukan dan aktivitas kita setiap hari jangan lupa senantiasa bersholawat kepada Rasullullah Muhammad SAW” Tutupnya.

Penulis: Reski Handayani Editor: Tim Expose Timur
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *