Bersatu Bangun Bangsa, Kapolres Bantaeng Hadiri Upacara Hari Sumpah Pemuda

Bantaeng, exposetimur.com | Kapolres Bantaeng AKBP Andi Kumara, SH, S.Ik M.Si menghadiri upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke 94 di Lapangan Apel Kantor Bupati Bantaeng, yang jatuh pada hari Jumat, 28 Oktober 2022.

Upacara dipimpin oleh Bupati Bantaeng, DR.H.Ilham Syah Azikin, M.Si sekaligus membacakan amanat seragam menteri pemuda dan olahraga RI.

Upacara peringatan tersebut, selain Kapolres Bantaeng juga dihadiri oleh unsur-unsur forkopimda lainnya dan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kabupaten Bantaeng.

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) seluruh Indonesia tercatat juga melaksanakan upacara peringatan sumpah pemuda yang merupakan momentum penting dalam perjalanan bangsa Indonesia tak terkecuali kepolisian resort Bantaeng.

Untuk jajaran Polres Bantaeng upacara digelar di lapangan apel Polres Bantaeng, Dan yang bertindak sebagai inspektur upacara adalah Wakapolres Bantaeng, Kompol Kuswanto, Pembaca UUD 1945 oleh Ipda Alimuddin, sementara pembaca Naskah Sumpah Pemuda dipercayakan kepada Ipda Ashar.

Selain bertindak sebagai inspektur upacara, Wakapolres Kompol Kuswanto juga membacakan amanat seragam kementrian pemuda dan olahraga RI yang intinya bahwa sumpah pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakan yang mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia.

“Peringatan hari sumpah pemuda ini selalu memiliki arti penting karena ancaman-ancaman terhadap persatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia.

“Tema peringatan hari sumpah pemuda saat ini adalah bersatu bangun bangsa”, Tema ini memberikan pesan bersatu adalah harta mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan.

“Dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia

“Sumpah pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang inilah menjadi tujuan kita meneruskan perjuangan kemerdekaan, mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa

Baca Juga :   Merefleksi Sejarah, HIMSAMU SULTRA Sukses Gelar Nobar Film G30S/PKI

Lebih lanjut dalam bacaan Wakapolres bahwa, Pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperang pada masa yang akan datang, Apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

“Pemuda masa ini adalah menjadikan nilai persatuan di atas segala-galanya memandang keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk kekuatan yang luar biasa menggapai kejayaan Indonesia.

“Pemuda diharapkan senantiasa mengangkat kreativitas dan inovasi adalah pekerjaan utama yang tidak boleh diabaikan oleh para pemuda Indonesia, hanya bangsa yang mampu menjaga eksistensi bangsa yang mampu memenangkan persaingan global seperti saat ini”, Tutup Kompol Kuswanto.

Upacara yang dihelat di lapangan Apel Mapolres Bantaeng dihadiri oleh seluruh pejabat utama polres Bantaeng, Para Kasat, Kanit dan personil polres Bantaeng.

Penulis: Reski Handayani Editor: Tim Expose Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *